Diet

Hi My Blog! Hi My friends ‘Emak-emak blogger yang pada rajin-rajin posting’!

*fiuh* Akhirnya bisa mulai posting lagi 🙂

pilihan makanan diet ala Rully

Well, banyak draft postingan yang belum selesai dan saya memutuskan untuk menulis tentang ‘D-I-E-T’ saya yang baru saja berjalan 11 hari ini, tapi HORE!!! Sudah bisa turun 2 Kg lho. Eits, ngga boleh seneng dulu. Ini baru permulaan dan ngga boleh terlena.

Program diet ini seharusnya sudah berjalan di awal Januari tahun ini karena ini adalah salah satu ‘resolusi’ saya di tahun 2014. Bisa dibilang sangat sangat sangat telat hehehe.. Ya begitulah. Saya termasuk orang yang doyan banget makan dan hobi banget ngemil. So..Diet is always for tomorrow 🙂

Terus koq bisa akhirnya punya niat? Itu karena :

  1. Tahu sendiri kan kalau wanita seperti saya, sudah emak-emak anak 3 (tiga) dan umur 34 (tiga puluh empat) susah banget nurunin berat badan. Malah yang ada naik terus meskipun udah makan dikit (kayanya ga mungkin ya kalo dikit hehehe) tetep aja jadi jadi daging.

Apalagi saya yang tipe doyan makan, ngemil dan menghabiskan makanan sisa hahaha. Bisa jadi bom waktu yang super cepat hitung mundurnya.

  1. Saya tuh suka banget foto dan difoto, jadi setiap kali foto dan lihat hasilnya..sakitnya tuh disini…(mewek nunjuk hati 😦 )
  2. Kalau pas hunting baju atau celana. Yang ada cuma bisa ngiler pengen model ini dan itu karena yang dicari pertama ukuran dulu model menyesuaikan stock (mewek lagi). Apalagi kalau yang jualnya atau SPG nya bilang, “Maaf ini all size ngga ada ukuran”.
  3. Jalan udah ngga enak, rasanya berat dan
  4. Dan masih banyak seabrek alasan lainnya.

Nah, terus dietnya ngapain ya? Sebenarnya saya sih kombinasi dari berbagai sumber tapi saya lakukan sesuai kemampuan saya aja seperti berikut :
Lanjutkan membaca “Diet”

Oktober Ceria dan Penuh Syukur

Lama ngga ngeblog ngga terasa bulan Oktobernya juga sudah mau habis. Akhir-akhir ini saya memang sedang menikmati focus ke keluarga, pekerjaan dan kondisi kehamilan. Kalau pun ada waktu untuk nulis, akhirnya tulisan itu juga hanya masuk ke folder ‘draft’. Nah mumpung long week end dan anak-anak juga sudah bobok lebih awal karena ngga bobo siang, ditambah lagi Ayah sore tadi sudah berangkat pulkam, rasanya pengen cerita tentang keceriaan di bulan Oktober ini. Banyak hal yang sayang jika dilewatkan untuk diabadikan disini. Diantaranya yaitu tentang ulang tahun di pantai, tujuh bulanan dan Idul Adha 1433 H.
 

Ulang Tahun ke-32

Sudah semakin tua ya. 32 tahun. Masih sering ngga ngerasa kalau saya se’tua’ itu, hehehe. Bertambahnya usia kali ini saya merasa semakin bersyukur dengan semua yang diunugrahkan Allah. Betapa baiknya Allah sama saya. Alhamdulilllah. Suami yang begitu baiknya, anak-anak yang sehat dan pintar, keluarga yang selalu mencintai serta sahabat dan teman yang selalu ada dan memberi support. Semakin banyak cinta yang saya rasakan. Ditambah lagi kepercaan Allah untuk saya hamil lagi. Terima kasih yaaa Allah.

Tanggal 14 Oktober 2012, pas di hari Minggu. Rencana awalnya saya dan keluarga mau ke tempat temen Ayah di Cibubur. Sebenarnya sudah rencana seminggu sebelumnya tetapi diundur jadi minggu itu. Dan karena temen Ayah ternyata pas hari H ada acara lain jadi kita jalan ke tempat lain. Anak-anak kebetulan minta berenang dan pilihan kita jatuh di tempat murah meriah yaitu berenang di pantai Festival Ancol. Harusnya sih berangkat dari rumah pagi-pagi banget biar di pantainya bisa lebih lama ngga panas, tapi bisa dimaklumi lah kita sekeluarga kalau libur suka males bangun terlalu pagi, hehehe. Akhirnya kita baru berangkat hamper jam 8 pagi, sampai di sana jam sembilanan lewat.

Anak-anak sudah ngga sabar mau berenang, tapi memang sengaja kita ngga bawakan baju renang karena biar basah-basahan pakai baju biasa aja sambil main pasir. Beginilah keceriaan kami terutama anak-anak saat main di pantai Festival Ancol :

Main pasir dan air di pantai 🙂

dan

Ayah – Nisha – Aira @ pantai Festival Ancol
Ini Mama yg perutnya udah nDut 😀

Sekitar satu setengah jam main di pantai, hari sudah mulai semakin panas, kami pikir sudah cukup mainnya. Anak-anak sih maunya lanjut terus tapi setelah dibujuk mereka mau juga. Apalagi Ayah yang waktu itu masih kurang enak badan. Sebelum beranjak dari pantai, saya sempat tiup lilin ultah ke-32 dan berdoa bersama disitu, dilanjut dengan potong kue. Sebelum pulang kita sempatkan dulu makan siang. Dan yang paling bisa diterima sama anak-anak saat itu ya sejenis ayam gorieng tepung gitu, kebetulan ada A&W. Ngga lama kita masuk di A&W ternyata di luar hujan, padahal sebelumnya panas banget. Untung kita sudah beres-beres. Sangat sederhana memang, tapi hari itu saya seneeeeng banget.

Senin hari nya, saat masuk kantor, teman kasi kue ultah lagi. Kebetulan pas ada meeting beberapa teman, jadi ya tiup lilin dan potong kue lagi. Yang pasti doanya juga nambah. Alhamdulillah. Terima kasih ya semuanya…

 

 Tujuh Bulanan

Bulan Oktober ini kehamilan saya sudah masuk umur 7 bulan. Minggu depan 8 bulan. Sebenarnya ngga niatan tujuh bulanan sih hanya pengen ada pengajian aja di rumah. Sudah lama ngga ngadain pengajian di rumah sekalian minta doanya. Kebetulan aja sekarang pas umur tujuh bulan jadi sekalian aja. Acaranya juga hanya pengajian ibu-ibu satu RT aja di rumah tanggal 20 Oktober, hari Sabtu sore. Alhamdulillah juga kemarin Bapak dan Mama saya bisa datang ke Tangerang sekalian nengok cucu. Kangen. Pengajian berjalan lancar. Alhamdulilah semakin banyak doa yang ditujukan untuk saya dan keluarga. Terima kasih.

Sayangnya Eyang-eyang ngga bisa tinggal lama. Sampai Sabtu pagi, Senin siangnya sudah harus kembali ke Semarang. Masih berasa kangennya, apalagi anak-anak, sampai nangis ngga mau ditinggal dan pengen ikut ke Semarang.

Ini foto anak-anak sedang main dakon sama Eyang To (Eyang kakungnya/Bapak saya)

main dakon bersama Eyang To 🙂

Meskipun hanya 2 hari ini Tangerang, saya sempat dibuatkan tahu gimbal loh, makanan khas Semarang yang saya suka banget. Dan tahu gimbal buatan Mama saya memang ngangeni. Makasi ya Ma. Saya sudah bisa sih buat sendiri, tapi ngga seenak buatan Mama hehehe. Oiya saya juga dibawakan petis udang dari Semarang jadi bisa buat tahu petis sendiri.

 Idul Adha 1433 H

Sebelumnya, saya dan keluarga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1433 H buat semua yang merayakan semoga semangat dan keikhlasan berkurban serta berbagi kepada sesama akan selalu tercermin dalam kehidupan kita sehari-hari. Amin.

Pagi tadi saya sekeluarga sholat Idul Adha bersama di masjid dekat rumah. Anak-anak juga antusias. Alhamdulilah mau bangun pagi hari ini dan tidak terlambat untuk pelaksanaan sholatnya. Bahkan sempat nunggu agak lama juga. Setelah itu anak-anak hampir sampai siang maunya di masjid lihat kambing sama sapi. Mamanya seperti biasa sibuk bolak balik ke dapur. Hari ini Ayah mau ketupat . Dan hari ini saya masak gulai sapi untuk temannya ketupat. Tapi Mba Nisha mau sayur sawi sedangkan Ade Aira mau opor ayam. Akhirnya mama harus masak semuanya deh. (sudah difoto semua menunya tapi kok dicari ngga ketemu 😦 jangan2 kehapus..hiks)

Bisa menikmati setiap saat bersama keluarga adalah saat-saat yang membahagiaakan. Bersyukur atas apa yang saya dapatkan sampai saat ini dan tetap menjalani hari-hari saya dengan penuh semangat dan senyuman terindah. Alhamdulillah. Sujud syukur tak terhingga kepada-Mu. Semoga Engkau senantiasa memberikan petunjuk, kelancaran, kemudahan, perlindungan kapanpun dan dimanapun. Amin amin amin ya rabbal alamin.

Ngidam

Ngidam adalah sesuatu hal lazim yang dialami oleh sebagian besar wanita yang sedang hamil. Memang ada sebagian dari wanita hamil yang sama sekali tidak merasakan hal yang satu ini. Nah, kok bisa begitu ya?

Saat hamil ada banyak sekali hormon yang diproduksi yang menyebabkan berbagai perubahan fisik maupun psikologis pada ibu hamil. Produksi air liur yang meningkat, juga menyebabkan mulut akan menjadi lebih basah dari biasanya. Jangan heran jika tiba-tiba selera makan ibu hamil menjadi berubah, menginginkan jenis makanan tertentu, dan banyak lagi contoh lainnya. Dan semua itu juga bisa berbeda pada setiap ibu hamil. Termasuk saya sekarang ini, di kehamilan kali ini makan apa-apa rasanya eneg, pengennya bikin rujak terus. Pagi-pagi juga rasanya eneg makan nasi jadi kadang diganti sama surabi oncom, arem-arem, kue basah, dan cemilan lainnya.

 

Lanjutkan membaca “Ngidam”

Ayam Bakar Padang

Makan ayam bakar di rumah makan padang memang bukan yang pertama kali, bahkan memang sudah sering. Tapi rasanya baru akhir-akhir ini merasa suka banget, seperti orang ngidam aja, hehehe. Masakan Padang memang enak. Tidak heran jika masakannya sudah mendunia dan rumah makan atau restoran Padang ada di banyak negara di dunia.

Well, intinya sekarang saya lagi suka sama ayam bakar Padang. Kalau sudah makan bisa agak kalap 😀 Pernah terfikir mau coba masak sendiri di rumah, tapi membayangkan masaknya, bumbunya yang banyak dan pakai bakar-bakar pula jadi males. Akhirnya selalu saja beli.

Lanjutkan membaca “Ayam Bakar Padang”

Membuat Bola-bola Ubi Cilembu

Tanisha membuat bola-bola ubi

Sepulang Ayah acara kantor di puncak, kami dapat oleh-oleh Ubi Cilembu. Ubi memang salah satu bahan kudapan favorit di keluarga kami. Ayah membeli cukup banyak juga. Setelah dikukus, digoreng bahkan dibuat kolak, sepertinya masih ada saja sisanya. Sekitar 3 buah ubi lagi. Enaknya diapain ya? Anak-anak langsung bersemangat mau membantu, akhirnya kita buat bola-bola ubi saja.

Tanisha dan Kaira bersemangat membantu Mama membuat bola-bola ubi 🙂

Kita siapkan bahan-bahannya, yaitu ubi, tepung sagu, gula pasir, garam dan air matang. Ubi kemudian dikukus dan dilumatkan. Anak-anak sudah mulai membantu saat melumatkan ubi tapi bahan ubinya jadi berkurang karena sambil melumatkan anak-anak juga sambil makan ubi kukus itu, hehehe..Setelah lumat, dicampur dengan tepung sagu dan sedikit gula, garam dan air. Kemudian campuran semua bahan tersebut dibentuk seperti bola-bole kecil. Tanisha dan Kaira sangat bersemangat sekali saat membentuk bola-bola tersebut. Mba Nisha sudah bisa berbentuk bola-bola ubinya, tapi kaira masih belum bisa karena caranya sambil diremes, hahahaha..Setelah bahan habis terbentuk lalu kita goring. Saat menggoreng adalah saat Mamanya dan anak-anak tetap bantu tapi bantu melihat saja dari atas kursinya dengan jarak agak jauh di belakang Mamanya (tetap ngga kelihatan sih:D).

Saya senang anak-anak sangat antusias membantu Mamanya di dapur. Walau terkadang prosesnya jadi lebih lama, yang pasti pengalaman buat anak-anak itu yang lebih berarti. Rencananya saya akan mulai mengajarkan anak-anak membuat nasi gorengnya yang pertama nanti saat duduk di kelas satu sekolah dasar (SD). Saat ini cukup membantu yang mereka bisa dan mengenalkan nama-nama bumbu dan bahan baik di dapur maupun saat belanja di pasar atau tukang sayur.

Sup Ikan Tuna Brokoli

Sup Ikan Tuna Brokoli

Akhir-akhir ini hampir tiap hari turun hujan. Untuk menghangatkan badan, salah satu menu andalan saya untuk keluarga adalah Sup Ikan Tuna Brokoli. Selain menu sehat, kebetulan anak-anak juga suka.

Berikut adalah resep Sup Ikan Tuna Brokoli keluarga kami :

 Bahan :

350 gram fillet ikan tuna, potong dadu (bisa diganti ikan salmon)

350 gram brokoli, potong sesuai kuntumnya

1.5 liter air

3 belimbing wuluh, potong-potong sedang

5 siung bawang putih, iris-iris tipis

1 buah tomat, potong jadi beberapa bagian

2 sendok teh garam

2 lembar daun jeruk

1 barang sereh, memarkan

2 cm jahe, memarkan

1 cm kunyit, parut

¼  sdt merica bubuk

½ sdt gula pasir

Air jeruk nipis

Daun bawang

Daun seledri

2 sendok margarine untuk menumis

Cara membuat :

–          Potongan ikan tuna ditaburi sedikit garam, merica dan air jeruk nipis, sisihkan

–          Panaskan margarine, tumis irisan bawang putih, kunyit parut dan jahe sampai layu dan harum

–          Masukkan potongan belimbing wuluh, daun jeruk dan sereh lalu tuang air

–          Masukkan potongan ikan tuna, didihkan sebentar

–          Masukkan brokoli, irisan tomat, daun bawang dan daun seledri

–          Tambahkan gula dan pas kan rasanya

–          Sup ikan tuna siap dihidangkan (lebih baik dihidangkan hangat-hangat agar tidak amis dan menggugah selera.

 Resep di atas bisa diubah sesuai selera.

2010 in Review

The stats helper monkeys at WordPress.com mulled over how this blog did in 2010, and here’s a high level summary of its overall blog health:

Healthy blog!

The Blog-Health-o-Meter™ reads Wow.

Crunchy numbers

Featured image

The average container ship can carry about 4,500 containers. This blog was viewed about 14,000 times in 2010. If each view were a shipping container, your blog would have filled about 3 fully loaded ships.

In 2010, there were 25 new posts, growing the total archive of this blog to 66 posts. There were 44 pictures uploaded, taking up a total of 6mb. That’s about 4 pictures per month.

The busiest day of the year was December 21st with 97 views. The most popular post that day was Freezer Box 100 L.

Where did they come from?

The top referring sites in 2010 were google.co.id, facebook.com, search.conduit.com, myquran.com, and putilaksmi.wordpress.com.

Some visitors came searching, mostly for virus, freezer bekas, harga freezer box, freezer box, and bubur susu bayi.

Attractions in 2010

These are the posts and pages that got the most views in 2010.

1

Freezer Box 100 L November 2009
89 comments

2

Belanja Barang Bekas July 2009
67 comments

3

Aneka Bubur Susu May 2009
3 comments

4

Pesta Ulang Tahun Anak Umur Tiga Tahun June 2010
7 comments