Pesta Ulang Tahun Anak 5 Tahun dan 1 Tahun

Kue ulang tahun Kaira & Raesa
Kue ulang tahun Kaira & Raesa

Bulan Desember. Sekarang di keluarga kecil kami di bulan Desember ada dua bidadari yang berulang tahun. Desember 2013, tepatnya di tanggal 10, Kaira bidadari kedua saya genap berusia 5 tahun dan bidadari kecil, Raesa di tanggal 31 berulang tahun untuk yang pertama kalinya.

Sebenarnya tidak ada rencana untuk mengadakan perayaan ulang tahun selain tiup lilin dan doa bersama keluarga di rumah. Tapi, Kaira sudah lama bilang ingin ulang tahunnya nanti dirayakan bersama teman-temannya yang diundang ke rumah. Untuk Kaira yang sudah 5 tahun memang sudah mengerti bagaimana rasanya jika ulang tahunnya dirayakan. Sedangkan untuk Raesa, mungkin belum mengerti. Saya pikir bagus juga jika dirayakan bersamaan di tanggal lahir Raesa yang memang tepat di penghujung tahun. Selain untuk menyenangkan hati anak-anak, bisa untuk acara kumpul keluarga dan tetangga sekitar rumah.

Untuk persiapan pesta ulang tahunnya ngga ada yang istimewa. Beberapa hari sebelum hari H. Itu pun saya ambil disela-sela waktu pulang kampung dan kerja. Kebetulan anak-anak setelah terima rapor semester pertama langsung kami antar liburan ke rumah Eyang di Sukorejo.

Berikut ini sedikit cerita tentang perayaan kecil ulang tahun Kaira yang kelima dan Raesa yang pertama. Saya berharap postingan ini bisa jadi kenangan indah buat mereka nanti. Ok lanjut..

1. Hal yang pertama saya lakukan untuk persiapan perayaan yaitu Estimasi Jumlah Anak yang Akan Diundang. Nah, sebenarnya ini ngga boleh estimasi tapi benar-benar dihitung dan dilist namanya. Tapi karena buru-buru belum sempat dapat datanya dari Bu RT, saya estimasi dulu.

2. Membeli tas/ goodie bag. Ini saya berburu ke Asemka Kota Jakarta, karena memang tujuannya datang langsung dapat ngga pake lama apalagi pesan. Waduh ngga sempat. Dari jumlah estimasi anak yang diundang plus jumlah lain-lainnya saya beli hanya 6 lusin. Setelah sampai di rumah dan dapat list namanya. Tepok jidat deh. Ternyata kurang 3 lusin lagi. Alhamdulillah ada partner, makasi ya Tante Renni, yang sudah mau dititipin beli sisanya di Jogja pas kebetulan pulang kampung. Waktu itu saya sudah ngga ada waktu lagi berburu ke Asemka.(Cerita tentang Asemka disambung next posting aja).

3. Pesan paket menu ulang tahun dan pesan kue ulang tahun sekali jalan. Biar ngga terlalu pusing, saya pesan menu paket ulang tahun di KFC. Di paket ini sudah dapat : paket nasi ayam+minum; Souvenir berupa tempat makan; Undangan ultah; Topi Ultah, Balon Ultah+tangkai; Background ultah; MC; Maskot Chuki; Sound System dan banyak hadiah untuk games.

Untuk Kue Ulang Tahunnya, saya pesan di bakery dekat rumah juga tema Hello Kitty sesuai permintaan Kaira. Biar ngirit kue ultahnya juga hanya 1 tapi diberi 2 nama dan 2 lilin😀

4. Ke toko snack grosiran langganan saya untuk membeli snack dan minuman untuk isi tas/ goodie bag nya.

Keempat point di atas saya pikir sudah mewakili semuanya dan saya ngga perlu terlalu repot juga.

Persiapan Ulang Tahun

Goodie bag Kaira & Raesa
Goodie bag Kaira & Raesa

dan isinya

Goodie Bag
Goodie Bag

Dan ini..

Goodie bag
Goodie bag

Hiasannya

Balon ulang tahun dan Raesa pun ikut nyiapin juga loh :)
Balon ulang tahun dan Raesa pun ikut nyiapin juga loh🙂

Kemeriahan ulang tahun Kaira & Raesa

Ultah Kaira & Raesa
Ultah Kaira & Raesa

Dan ini..

Ulang Tahun Kaira & Raesa
Ulang Tahun Kaira & Raesa

Games

Kaira dan MC Chuki - Om Miing :)
Kaira dan MC Chuki – Om Miing🙂

Lalu ini

Games ulang tahun untuk anak-anak dan Mamanya juga :)
Games ulang tahun untuk anak-anak dan Mamanya juga🙂

Dan ini

Eyang nungguin ultahnya - sayang Ayah belum pulang kerja :(
Eyang nungguin ultahnya – sayang Ayah belum pulang kerja😦

Sebenarnya untuk pesta ulang tahun anak-anak yang paling penting anak-anak bisa enjoy di perayaannya tersebut. Teman-temannya juga bisa ikut merasakan kegembiraan tersebut. Hal-hal yang harus diperhatikan selain persiapan diatas menurut saya antara lain :

–          Tanyakan pendapat anak yang berulang tahun, untuk yang sudah bisa diajak berkomunikasi ya, kebetulan Kaira bisa. Kalau Raesa sih ngikut aja yang penting jangan lebay😀 Maunya pesta yang seperti apa, teman-teman yang diundang siapa saja. Kuenya mau seperti apa, dll. Minimal anak merasa lebih dihargai untuk bisa menentukan sendiri acaranya.

–          Pelaksanaan acara. Undangan kemarin saya buat jam 3 sore. Pertimbangannya anak-anak sudah makan, tidur siang dan bisa langsung mandi jadi tidak terlalu rewel. Durasi waktunya maksimal 2 jam, jadi maksimal jam 5 sore sudah selesai semuanya.

–          Game melibatkan semua orang yang hadir. Yang berulang tahun dan keluarga, teman-teman undangan dan orang tuanya juga. Game juga disesuaikan dengan umurnya serta pilih yang ringan-ringan saja yang penting bisa menghidupkan suasana.

–          Perbanyak hadiah termasuk untuk para orang tua/ pengantar. Karena untuk anak-anaknya sudah banyak dari KFC yang menyediakan, saya hanya menyediakan untuk para orang tua. Dan karena saya jualan frozen food, para emak-emak pasti suka jika dapat hadiah Chicken Nugget atau sosis hehehe.

–          Yang penting adalah semua yang hadir bisa menikmati acaranya dan berbagi kegembiraan bersama. Oiya doa mereka untuk anak-anak kita juga penting, jadi meski sebentar tetap ada acara berdoa bersama.

–          Tentukan sie dokumentasinya. Kemarin saya pakai kamera sendiri dan ambil foto sendiri karena si Ayah ngga bisa pulang cepet hari itu :) Jadi takut ngga ada fotonya saya minta si Teteh gentian nge foto-in.

Itu tadi sedikit cerita untuk pesta ulang tahun anak umur 5 dan 1 tahun. Semoga Kaira & Raesa, dan Mba Nisha juga nanti bisa menyimpan cerita ini untuk kenangan indah. We love you so much Nak :)  Terima kasih juga buat Eyang-eyang yang sudah mau ke Tangerang nungguin cucunya ultah. Semoga sehat terus ya Eyang. Semoga anak-anak Mama selalu bisa menjadi anak muslimah yang sehat, salehah, pintar, kreatif, bahagia dan ceria. Amin amin amin yaa Rabb.

Eits..Selamat tahun baru 2014 – Semoga terwujud harapan2 di calendar baru ini.

11 thoughts on “Pesta Ulang Tahun Anak 5 Tahun dan 1 Tahun

    1. Amin. Terima kasih Bunda🙂
      Rinciannya ada tapi cuma dicoretan agenda saya Bun ngga saya ketik. Tapi dempat saya hitung global kemarin untuk 100 porsi per orang rata2 70 ribu.

    1. waalaikumsalam. I bought it in Pasar Asemka, Central Jakarta. If you interested, you can buy on the online store. I think a lot of online stores that sell goody bag from Pasar Asemka🙂

  1. Mba boleh tau alamat beli tas goodie bag yg di jogja ga yaa???kbetulan bulan Depan anak saya ultah…pngen beli tax yg kyak ITU.

Tinggalkan Balasan

