Tak Kenal Maka Tak Sayang

Don’t just the book by the cover, kata orang bule sih begitu. Tidak bisa dipungkiri jika sebuah penilaian akan terbentuk dari pertama kali melihat. Baik itu benda maupun orang yang seringkali menilai dari penampilan luar. Pernah suatu saat orang berkomentar tentang diri saya. Orang ini adalah orang yang pernah mengenal saya mungkin 5 – 10 tahun lalu dan setelah itu baru bertemu lagi. Dia bilang heran melihat saya yang sekarang karena kata dia, dia tau betul siapa saya dengan embel-embel semua kepribadian saya. Dalam hati geli juga, benda mati aja bisa berubah wujud apalagi saya yang manusia. Tapi sudahlah, biarkan dia dengan pendapatnya selama itu tidak merugikan saya..fine fine aja tuh🙂

Nah, kembali lagi ke tak kenal maka tak sayang, baru saja saya selesai membaca biografi salah satu idola saya. Saya kebetulan memang suka baca kisah-kisah orang-orang ‘besar’ dan sukses karena dari sana biasanya akan timbul inspirasi, motivasi serta banyak pelajaran hidup terutama tentang pentingnya kerja keras. Beberapa dari perjalanan orang-orang besar tersebut terkadang terkaburkan dengan apa yang saya lihat di banyak media terutama di tivi. Ternyata pembentukan opini dari media itu mudah sekali. Tidak heran jika banyak orang teruatama yang dikenal public seperti artis, pejabat, pengusaha berbondong-bondong membetuk pencitraan melalui media tersebut. Bahkan jika ada yang tidak suka bisa berbalik menghancurkan citra seseorang juga melalui media.

Pasti kita sering mendengar atau bahkan juga mengomentari tentang si A ternyata begini dan B begitu berdasarkan apa yang kita dapat dari pemberitaan yang mungkin bisa benar dan bisa juga sebaliknya. Bahkan, ada yang terlanjur membenci seseorang padahal dia sendiri tidak mengenalnya. Saya masih bisa berfikir logis saat levelnya hanya tidak suka tapi jika sampai membenci dengan sangat, saya masih tidak habis fikir. Saya khawatir apa yang dia pikir itu salah.

Sebuah fakta memang tidak bisa dipungkiri jika memang sudah benar-benar terbukti seperti banyaknya kasus korupsi di negara kita ini, yang pelakunya masih bisa melenggang dengan muka tanpa malu dan tanpa dosa. Jika begitu, saya juga sudah ill feel . Wah sebenarnya mau cerita apa ya saya?😀

Yang jelas hari ini saya mendapatkan pelajaran lagi tentang bagaimana menjaga hati saya dari prasangka buruk. Tidak mudah menilai orang lainy hanya dari penampilannya saja. Tidak mudah menilai dari satu sisi saja seperti pepatah tak kenal maka tak sayang.

Selamat berakhir pekan TemanS..

*the picture taken from here

#pulang kerja ini harus nyiapin perlengkapan anak2 buat acara pengukuhan & perpisahan sekolah besok dan saya juga jadi panitia..waduuuhh..kostumnya belum punya😦

5 thoughts on “Tak Kenal Maka Tak Sayang

  1. kalo gw kok akhir-akhir ini kebalikannya ya, Rul.
    Gw follow salah satu orang yang ok, let’s say pernah gw idolakan.
    Tapi semakin gw membaca tweet-tweet dia, gw tiba-tiba berhenti mengidolakan dia.
    Apa mungkin, gw yang belum mengenal dia ya ?

    1. Tak kenal maka tak sayang bisa berupa semakin kenal semakin sayang atau sebaliknya, makin ga sayang..
      Yg case mu itu Ndah,bs jd ekspektasimu dari awal ke dia yg terlalu tinggi atau memang makin kenal makin ga sayang itu td..dan perlu digaris bawahi jg twet blom tentu benar2 cerminan seseorang meskipun bs jg diliat dari situ tp ga smua..
      So aku ambil positipnya aja..toh ga ada manusia yg sempurna
      Wah kpanjangan yah hahaha..

  2. dulu waktu SD pernah sebel sama seseorang (heheheh jaman SD udah sebel2an ya!!😀 ) . eh ga taunya pas smp satu kelas dan satu kelopmpok juga. akhirnya kita sahabatan deket banget sampe skr. geli juga kalo inget masa2 itu. ternyata gak kenal maka tak sayang ya mba🙂

    (ini commentnya nyambung ga sih sebenernya? hehehehehehe😀 )

Tinggalkan Balasan

