Foto Keluarga Muncul di Majalah

Sumber : Majalah Embun Edisi Februari 2012 (taken by Adhisty W)
Sumber : Majalah Embun Edisi Februari 2012 (taken by Adhisty W)

Pagi ini salah satu teman saya, Adhisty, tag sebuah foto di dinding FB saya dengan pertanyaan, “say, ini foto kamu dan suami bukan?ada di majalah embun ed.februari 2012”. Pas lihat, bener juga itu kan foto keluarga kami. Ada saya, suami dan Tanisha saat berumur 3 bulan. Foto itu ada di menu utama dengan judul artikel Menjaga Amanah Tanpa Masalah.

Saya sih senang-senang aja foto keluarga kami bisa tampil di majalah seperti itu, besar lagi fotonya. Teman-teman bilang udah kaya seleb aja hehehe. Tapi seingat saya belum pernah ada ijin atau konfirmasi sebelumnya. Dan apakah sumber foto di artikel itu juga disebutkan? Tidak juga. Saya sudah menghubungi pihak penerbit Majalah Embun, Lazis Jateng, katanya sih itu mereka dapat dari tim penulis. Dari pihak penerbitnya, meski katanya tidak mengetahui tentang foto itu tetapi mereka tetap mengutarakan permohonan maafnya atas kejadian ini. Pihak penerbit menyampaikan juga, bagaimana kalau saya mengkonfirmasi langsung ke penulisnya. Tidak lama kemudian pihak tim penulis sms ke saya dan menjelaskan jika foto itu dari tim desain, beliau juga mengutarakan permohonan maafnya. Di luar itu, beliau bilang suka dengan foto keluarga kami ini karena kesan bahagianya nampak :D Majalah Embun adalah majalah yang dibagikan gratis ke donatur Lazis, yang memang banyak melakukan kegiatan sosial dan dakwah. Sebagai perkenalan dan permohonan maaf, tim penulis juga minta alamat rumah untuk mengirimkan majalahnya. Asiikkk🙂

Sangat disayangkan ya, jika masih ada yang tidak mencantumkan sumber berita atau foto yang dipublikasikan meski sifatnya bukan komersil. Saya saja, mungkin teman-teman lain yang hanya nulis-nulis untuk blog mereka saja selalu berusaha menghargai jika kita mengutip sebuah tulisan lain atau mengambil foto untuk disertakan di postingan kita, dengan menuliskan juga sumbernya. Tapi saya tau yang kasus ini tidak ada maksud apa-apa hanya lupa menuliskan sumbernya.

Hikmah dibalik kejadian ini, saya dapat teman baru seorang penulis yang juga punya misi dakwah, salam kenal ya Pak. Saya juga akan dapat majalah Islami yang akan dikirimkan ke rumah, semoga bisa menambah ilmu saya. Dan semoga kita bisa lebih menghargai lagi milik orang lain meskipun hanya sebuah foto.

Have a wonderful week end yaaa!!!

21 thoughts on “Foto Keluarga Muncul di Majalah

  1. wah tadi pertama mbaca saya mikirnya legal dimuatnya dengan ijin..ternyata…
    dapat dari mana yah bun?? dari blog kah?? mmmm resiko yah bun berarti kalo kita taruh photo2 keluarga di blog, tapi hendaknya kalo ngambil untuk sesuatu orang lain harus ijin yah..
    semoga semua bisa diselesaikan dengan baik….dan dapat diambil hikmahnya..:)
    btw photonya emang keren mbak..:)

    1. Iya internet, tp pastinya darimana saya juga belum dapat info lagi.
      Alhamdulillah semuanya sudah selesai dg baik2 dan banyak hikmah baiknya jg🙂
      Hehehe..makasi ya MamaKInan🙂

  2. saya, mewakili temen-temen redaksi EMBUN menyatakan maaf atas kekhilafan ini kepada ibu rully dan keluarga. karena tidak mencantumkan sumber foto tersebut, kami memang masih belajar mengurusi majalah tapi mungkin itu buka alasan yang bisa dibenarkan. yang namanya karya, tetap harus dihargai. dan kami lalai untuk itu. semoga ini menjadi pembelajaran kami.

    terima kasih apresiasinya dari bu rully. juga atas pemaafannya.

    semoga, bila berkenan turut mengisi majalah EMBUN juga.

    1. Terima kasih jg Pak.
      itikad baik untuk meminta maaf dg cepat adalah salah satu bukti seseorang yg berjiwa besar.
      Banyak hikmah yang baik dari kejadian ini.
      Semoga ya Pak, semoga suatu saat saya bisa nulis beneran dan bisa ikut ngisi di Majalah Embun.
      Sukses selalu buat Pak Nassirun dan teman2 di Majalah Embun🙂

  3. iiihhh, fotonya so sweet banget Mba…beneran emang “feel-nya” dapet banget, kesan happy and harmonisnya nampak jelas;) Ga salah lah dipilih, hehehe…
    Iya betul, pelajaran untuk kita bersama soal bagaimana menghargai hak milik dan karya seseorang ya Mba. Bagusnya dari pihak EMBUN langsung minta maaf. Aku juga pengalaman foto keluarga dipake oleh seseorang loh Mba, tp sampe sekarang belum ada klarifikasi:(

    1. Makasi Mba Ai.
      Alhamdulillah, yg kemarin pakai foto kami adalah orang2 yg penih tanggung jawab, hari itu juga sblm posting ini semuanya selasai Mba dan banyak hal baik yg aku dapet dari kejadian ini.
      Oh Mba Ai pernah? smoga digunakan untuk hal2 baik ya🙂

    1. hehehe..itu foto koleksi bukan October 2007 pas anakku pertama umur 3 bulan, pas itu emg sengaja foto di studio, iya yg ngambil fotografer dan ada banyak pose waktu itu memang konsepnya family activity aja hehehe

  4. Hehehe…gak heran kalo foto itu dicaplok, wong bagus gitu kok fotonya😀

    Tapi emang semoga dengan kejadian ini juga ngajarin tim desain dan penulisnya untuk mencari tau dulu sumber foto sebelum dipublikasikan ya🙂

  5. Sayang ya,mereka ga mencantumkan source-nya.

    Tapi fotonya emang bagus mbak…kayak yang di-iklan2.

    hehehe…🙂

  6. Huaaaa…aku pikir Mbak Rully abis pemotretan di majalah kayak celebs-celebs gitu deh. Hihihi…
    Tapi beneran lho, justru expressinya dapet banget. Natural. Gak perlu pengarah gaya professional tapi dapet banget.
    Tapi Alhamdulillah, foto mbak dipajang di majalah Islami. Serem gak sih kalo mendadak foto kita ada di majalah bikini gitu ? *ya serem buat yang baca sih…kalo aku kan gak sekseh* hihihi

    1. hahahaha…bener2😀
      Alhamdulillah ada case ini banyak hikmah baiknya n dapet majalahnya gratis lg😀
      btw blognya diprotect atau gmn ya Ndah? ga bisa komen smp skr😦

      1. oalahhh tp di blognya mba Ai sering masuk Mba..ya wes transfer ke WP aja yuukkk..hehehe..btw sampeyan imoet bgt pas pake jilbab instant biru😀

Tinggalkan Balasan

