Selamat Ulang Tahun yang Ketiga Kaira…

Selamat ulang tahun de Aira sayang…

Hari ini, 10 Desember 2011. Kaira genap berumur 3 tahun. Sebelumnya, kita memang merencakan untuk ada perayaan ulang tahun kecil-kecilan di rumah dan mengundang teman-temannya. Alasan utamanya, selain memang mau menyenangkan anak, dulu kakaknya, Tanisha, juga dirayakan saat umurnya 3 tahun. Jadi sebenarnya kita hanya mau menyamakan. Tapi sepertinya entah dibatalkkan atau ditunda kami juga belum pasti. Yang jelas karena Ayah sampai hari ini belum pulang, jadi tidak ada perayaan apa-apa. Hanya doa bersama seperti biasa dan hari ini Kaira maunya pergi berenang.

Kaira - kalau difoto suka aneh2😀

Pertumbuhan dan perkembangan Kaira :

–          Saat lahir berat badan Kaira 4 Kg (jadi ingat proses persalinannya yang normal setelah setahun sebelumnya kakaknya lahir lewat operasi sesar, seperti yang pernah saya ceritakan sebelumnya). Sekarang berat badan Kaira sudah 15 Kg  dengan tinggi 95 cm.

–          Rambutnya sudah semakin panjang dan sudah tidak begitu susah kalau minta dikucir ekor kuda. Meski ekor kudanya tetap terlihat masih kecil, hehehe. Maklum, rambut Kaira agak keriting jadi kalau panjang lama. Terlihat panjang saat basah karena jadi lurus, tapi saat kering langsung nge per lagi hehehe.

–          Sudah 100% ngga ngompol meski itu malam hari. Kira-kurang sudah sebulan ini. Kalau diapers memang sudah tidak pakai lagi selama setahun terakhir.

–          Masih minum susu pakai dot. Sesekali pakai gelas tapi minumnya hanya sekali teguk setelah itu minta pindah botol dengan dotnya lagi. Khawatir dengan giginya karena mulai gigis sedikit di dua gigi susu atas.

–          Semakin banyak kosakata dan ceriwis. Bisa cerita dengan menyusun kalimat yang agak panjang. Malah seringnya sekarang saya dapat kabar tentang para tetangga dari Kaira. Misalnya, “Ma, Nabilla pulang kampong lho. Kasihan, neneknya Nabilla meninggal kemarin. Nabilla sama mamanya nabilla sekarang pulang kampung.” Saya pikir itu cerita anak sambil lalu saja, tapi saya mulai curiga,”Emang betul ya dek neneknya Nabilla meninggal?”. “Iya”, jawabnya dengan nada sedih. Saya Tanya tetehnya, yang ngasuh, malah dia ngga tau. Saat saya tanyakan langsung ke tetangga depan rumah, eh ternyata betul. Atau dia bilang, “Ma Cinda sekolahnya pindah. Kemarin dia berangkat naik motor sama mamanya tapi lurus. Sekolahnya jauh.” Cinda itu temannya sekelas. Atau, “Ma, Ayah Manda motornya baru lho. Tapi Mamanya Manda nghga baru. Masih pakai motor lama”. Hahaha..malah mulai nggosip dia. Tapi semua yang diceritakan memang benar.

–          Lebih perhatian dan peduli dengan sekitarnya. Kaira memang yang paling perhatian di rumah. Seperti, dia mendengar saya berteriak aduh di dapur, dia yang paling dulkuan lari menghampiri saya. “Ada apa Ma? Kenapa?”. Atau saya pulang dan mau parker motor masuk, dia yang langsung membereskan sandal-sendal yang berserakan atau barang yang menghalangi ban motor saya maju. Dia juga kadang tanya, “Mama kehujanan ya? Tadi di sini hujan deres. Pakai petir lagi. Di kantor Mama hujan juga ngga?”. Dan dia selalu tahu saat kita pakai barang baru. Misal saya berangkat ke kantor pakai sepatu baru, saat ngantar sekolah dia juga, dia malah bilang di depan teman-teman dan orang tua lainnya,”Eh Mama sepatunya baru. Sepatu Mama baru kan? Eh sepatu mamaku baru lho!”, sambil teriak ke temen-temennya. Duh malunya….langsung kabur aja saya. Sama juga sat Ayah pakai sepatu baru, malah teman-teman mainnya diajak ke rumah cuma mau bilang, “Liat tuh Ayahku pakai sepatu baru loh”. Ayahnya langsung senyum-senyum tersipu malu. Dan tanpa ditahan saya pun ngakak, hahaha.

–          Pengucapan “R” nya sudah mulai tidak bergetar. Dari pertama bias bicara, Kaira sudah bisa bilang kata yang ada R nya tapi bergetar di tenggorokan. Seperti orang bule yang ngomong R, hehehe. Sekarang getaran itu sudah mulai menghilang dan terdengar lebih jelas pengucapannya.

–          Koleksi doa-doanya sudah tamah banyak. Kaira sudah bisa dari membaca doa sebelum tidur, sebelum makan, doa kasih sayang, doa untuk orang tua, surat Al-ikhlas dan penggalan-penggalan surat pendek lainnya.

–          Sepertinya mulai jenuh sama sekolahnya. Tapi sekarang mendingan sudah mau masuk sekolah lagi. Dua bulan terakhir malah sering bolosnya daripada masuk. Tapi saya sih tidak memaksa kalau memang sedang ngga masuk sekolah. Katanya dia mau pindah sekolah ke Green School. Untuk hal ini saya dan Ayah masih mempertimbangkan kemungkinannya untuk pindah di bulan Januari nanti. Oh iya belum sempat cerita soal Green School di daerah rumah kami.

–          Sudah sebulan ini susunya beralih ke tahap umurnya. Sudah pindah ke Bebelac 4.

–          Makin sering melucu dan bertingkah konyol. Maupun mengeluarkan ekspresi lucu. Dia sepertinya bangga kalau membuat orang lain ketawa.

–          Semakin mandiri. Kaira memang lebih mandiri dan tidak rewel. Dia bisa lebih kooperatif dan tidak sering merengek.

–          Semakin doayan ngemil. Untuk porsi makan nasi, Kaira lebih sedikit sekarang, tapi untuk ngemil semakin banyak. Dan kalau sudah ngemil sering dicampur-campur sampai kadang tidak sadar sudah kekenyangan. Jika sudah begitu, batuk sedkit saja langsung muntah deh.

Mungkin itu beberapa hal yang menggambarkan pertumbuhan dan perkembangan Kaira sampai hari ini. Maafkan Mama ya sayang, belum bisa selalu update rutin. Semoga ini bisa mewakili untuk kamu baca nanti.

Selamat ulang tahun ya anakku sayang. Semoga selalu sehat, jadi anak yang salehah yang pintar, cerdas, kreatif, berakhlak mulia dan bahagia. Semoga Allah selalu menjaga di setiap nafas dan langkah. Dalam lelap mau pun terjaga. Kapan pun dan di mana pun. Amin amin amin ya Rabbal alamin.

Selamat ulang tahun sayang…kami semua mencintaimu. Sun sayang dan peluk erat dari AyahMamaMbaNisha.

Kaira & Mba Nisha ~ gaya Kaira emang sering lucu, bikin kita geli🙂

8 thoughts on “Selamat Ulang Tahun yang Ketiga Kaira…

  1. Hihihihi… Kaira udah bisa ngegosip aja!!! Hahahaha….udah gede banget nih Kaira. Pinterrrr!!!!

    Kaira anaknya keknya mmg lebih ‘open’ dibanding Mbak Nisha ya jeng Rul? Hihihihi jadi keinget aku dan kakakku😀

    Selamat ulang tahun ketiga ya Kaira. Semoga selalu dan tambah pinter dan cerdas, sehat selalu, jadi kebanggaan, dan senantiasa diberkati Tuhan yaaa…

    Salam dr dek Raja yaa🙂

    1. ho oh Lis, Kaira emang lebih apa adanya dan lebih lepas mengekspresikan diri
      oh iya ya..apa krn sama2 anak ke 2 ya😀

      Amin amin amin.makasi ya tante🙂 salam sayang jg buat dekRaja ya..

  2. selamat ulang tahun ade’ aira,panjang umur,shat selalu yach,aira anak yang ramah,klo lewat depan rumah selalu panggil khansa,walaupun panggil namanya salah..ramah,kayak mamanya….heheh

  3. haha.. anak mbak namanya sama ama anak tetangga saya …
    yang aku bayangkan cuma satu lewat pendokumentasian anak2 ini..suatu saat di tengah desembertahun 2000 sekian saat kaira sudah dewasa, terhimpun sejarah dirinya, dari tulisan ibunya…
    aku iri , ibuku gak bisa nulis dulu, jadinya gak bisa tau apa yang terjadi pas aku kecil, cuma nanya2doang

    usul bu guru!

    terus tulis tentang anakmu sampai ia gede… nanti bisa di bukuin hahahah

    1. hehe.. iya pengennya gitu, skr pun anak2 udah tau kl ibunya ini nulis tentang dia diblog ini dan bilang, “Ma, nanti kalau Mba Nisha sudah bisa baca sendiri Mba Nisha mau baca cerita di disini”, Adeknya ikut2an, yg Kaira ini, “Aku juga Ma mau”, hehe..

      Makasi ya udah mampir..btw wetonnya Legi yah😀 xixixi

  4. walo udah telat, tapi kami mau ngucapin “Met Ulang Tahun yang ke-3” buat Kaira….semoga selalu sehat tambah pinter dan solehah ya sayang….Amin….

    Gaya fotonya Kaira emang lucu2 ya Mba….coba di collect disatukan, pengen lihat aksi yang lain….

    Hmmm….2anak 2karakter yang berbeda ya Mba….aku belum ada pembanding nih, hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s