Ayam Bakar Padang

Makan ayam bakar di rumah makan padang memang bukan yang pertama kali, bahkan memang sudah sering. Tapi rasanya baru akhir-akhir ini merasa suka banget, seperti orang ngidam aja, hehehe. Masakan Padang memang enak. Tidak heran jika masakannya sudah mendunia dan rumah makan atau restoran Padang ada di banyak negara di dunia.

Well, intinya sekarang saya lagi suka sama ayam bakar Padang. Kalau sudah makan bisa agak kalap :D Pernah terfikir mau coba masak sendiri di rumah, tapi membayangkan masaknya, bumbunya yang banyak dan pakai bakar-bakar pula jadi males. Akhirnya selalu saja beli.

Nah akhirnya penasaran juga, coba browsing dapet dari sini.   Baru mau nyoba nih resepnya. Siapa tau ada temen-temen lain yang punya resep rahasia jadi sekalian nyobanya, hehehe..

Ini nih resepnya, kalau dilihat sih kayanya ngga terlalu sulit ya..mmm..optimis deh kalau gini ;) 

Bahan bahan ayam bakar padang :
– 1 ekor ayam kampung segar lalu dipotong menjadi empat bagian
– 1/2 lbr daun kunyit
– 5 lbr daun jeruk
– 3 sdm minyak goreng
– 500 ml santan yang tidah terlalu kentar ataupun encer
– 100 ml santan kental
– 1 batang kayu manis
– 3 butir Cengkih
– 2 batang Sereh

Bumbu bumbu ayam bakar yang dihaluskan :
– 4 buah Bawang merah
– 3 siung Bawang putih
– 2 cm Lengkuas
– 2 cm Jahe
– 3 cm Kunyit
– 4 buah Cabe merah
– 1/2 sdm Ketumbar
– 1/2 sdt Adas manis
– 1/2 sdt Jintan
– 1/2 sdt Lada
– 3 biji Kemiri

Cara membuat ayam bakar padang :
1. Panaskan minyak goreng dan tumis bumbu yang telah dihaluskan
2. Tambahkan kayu manis, cengkeh, daun jeruk, daun kunyit dan daun sereh, tumis semua bumbu sampai harum dan matang.
3. Lalu masukkan ayam kampunya yang telah dipotong 4 bagian, tumis ayam dengan bumbu hingga ayam setengah matang.
4. Masukkan santan encer, masak diatas api kecil hingga kuahnya tinggal sedikit.
5. Saat kuah tinggal sedikit, tambahkan santan kental lalu masak kembali hingga kuah ayam mengering, angkat dan dinginkan.
6. Setelah ayam menjadi dingin, lumuri seluruh permukaan ayam dengan sisa kuah yang mengering di wajan dan kemudian bakar hingga berwarna agak kekuningan.

Ok, tinggal disiapin nih bahan, bumbu dan alat masaknya. Hasilnya ? Nanti kalau sudah sukses cerita lagi😀

12 thoughts on “Ayam Bakar Padang

    1. iya sih kl makanan bakar2an sebenernya kurang bagus jg ya..tp enak nih xixixi…ya asal ga banyak2 kl ya..
      Eh jeng..sampeyan dulu mau ngasi aku resep rahasia bikin pempek loh..aku tunggu ya😉

  1. naaaa…< kayaknya enak deh.. Aq jg paling suka suka suka sama segala jenis masakan padang. Nendang gitu rasa bumbu nya di lidah.. pedeees lagi..

    Nanti kalo pengen coba, aq contek resepnya yaaa….🙂

    1. ho oh kok bisa enak2 gitu ya masakan padang..ampe daun singkong rebus+sambel cabe ijonya jg muantap..*ngiler*
      eh Mama Oi kan jago masak nih..kmrn2 aku pernah nyontek resepmu lho jeng..hehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s