Pengasuh Baru

Mba Lusi, pengasuh anak-anak saya yang dulu, jadinya pulang tanggal 1 Oct 2011 kemarin. Dua minggu sebelum dia pulang, saya sudah sempat dapat penggantinya, pertama dapat dari agen pencari pembantu, dapat dari Malimping , Serang namanya teteh Rina hanya 1 hari sudah pulang dengan alasan mau nganter temennya yang juga pulang kan berangkatnya bareng sama dia, cape deh alesannya nggak banget… Trus dapat lagi ambil dari agen Semarang namanya Mba Yati. Ke Tangerang dianter sama Eyang To (bapak saya). Eh 1 minggu, sehari sebelum Mba Lusi pulang dia minta pulang juga saat itu juga dan pagi itu juga, alasannya “saya mau pulang aja”. Tapi memang sejak pertama datang orang tua juga sudah ngga setuju karena orangnya sepertinya nggak jujur. Dan tetangga-tetangga dan ibu-ibu di sekolah Kaira juga bilang Mba Yati serem dan jutek, sama anak juga cuek. Ya saya yakin orang-orang yang ngga baik buat anak saya pasti memang dijauhkan.

Alhamdulillah tanggal 1 Oct 2011 setelah Mba Lusi pulang, tetangga bilang ada saudaranya yang mau bekerja setelah nego akhirnya kita sepakat mulai kerja tanggal 2 Oct 2011. Dan kesan awal, bersykur banget teteh barunya itu lumayan lah. Insyaallah baik. Namanya teteh Isma asal dari Rangkas Bitung, Serang, umur 16 tahun. Karena akan langsung saya tinggal kerja besoknya, saya masih khawatir dan Alhamdulillah lagi adik saya yang bungsu menawarkan diri tinggal di rumah saya dan membantu menjaga anak-anak. Meskipun cowo, ya minimal bisa mengawasi dan mengajak main.

Yang dapat saya ambil pelajaran dari gonta-ganti pengasuh antara lain adalah :

–          Jangan panik dulu jika tiba-tiba harus ditinggal pengasuh lama, berusaha untuk tenang sambil cek list siapa kira-kira yang bisa dihubungi untuk mendapatkan informasi pengasuh baru.

–          Cari informasi pengasuh baru sebanyak-banyaknya ke keluarga, teman, saudara, satpam perumahan, agen-agen penyalur pengasuh

–          Jika sudah dapat listnya cari referensinya baik atau tidak melalui pengalaman informannya.

–          Tetapkan criteria yang sesuai atau mendekati untuk menindaklanjuti kandidat yang sudaha ada termasuk penjelasan jobdes dan gaji yang akan diterima.

–          Kalau bisa ada orang yang bisa bertanggung jawab jika nantinya ada masalah dengan pengasuh baru tersebut atau minimal bisa dimintai tolong untuk menyelesaikan masalah tersebut.

–          Tetap hati-hati dalam memilih dan ikuti kata hati, biasanya ada feeling seorang ibu yang membantu dalam menentukan pengasuh itu baik atau tidak meskipun baru melihat pertama kali.

–          Targetkan waktu dan tetapkan alternative jika pada batas waktu yang sudah ditentukan masih belum dapat yang cocok. Bisa minta tolong ke saudara, rekan kerja (misal orang kantin, OB dll), tetangga atau penitipan anak yang bisa dipercaya.

–          Tetap sabar dan pasrahkan semuanya kepada Tuhan. Yakin semua berjalan atas kehendak-Nya. Yang penting tetap berusaha semaksimal mungkin mencari yang terbaik.

Bismillah. Semoga Teteh Isma ini memang betul-betul baik buat anak-anak. Saat saya minta tolong tetangga menanyakan ke Teteh Isma, dia bilang betah. Mudah-mudahan. Tetap yakin semua yang terjadi datangnya dari Allah. Pasti yang terbaik. Insyaallah. Amin.

11 thoughts on “Pengasuh Baru

  1. wah thank for sharing tips nya mbak..
    mungkin suatu saat berguna bagi saya, sekarang blom ada pengasuh dirumah karena Utinya kinan atau ibu saya.. ikut saya di Bintan…dan malah nggak mau saya tambah pengasuh, sementara masih beliau yang mau jaga dan gak mengijinkan orang lain untuk ngasuh kinan…benarnya saya nggak tega tapi itu maunya sendiri dan bapak saya, karena nggak rela cucu mereka diasuh ornag lain. pernah suatu hari saya dah mengajukan mau ngambil orang untuk bantu bantu karena kasihan kan sama ibu, malah nangis dikira nggak percaya ma ibu sendiri…ya udah sementara ini dirumah stop talking about ART…

    1. bersyukur banget Kinan masih ada Utinya jeng malah lebih tenang kitanya kalau diasuh Utinya sendiri…
      semoga Utinya Kinan selalu diberkahi sehat terus ya biar bisa selalu bersama cucu kesayangan. Buat beliau mungkin itu kebahagiaan tersendiri🙂

    2. Harusnya bersyukur dong Mama Kinan, anak kita lebih baik sama keluarga kita, apalagi itu neneknya…pasti rasa sayangnya lebih deh…bersyukurnya Kinan:)

  2. Mbak Rullyyyy…

    Aku kemaren kirim message di FB, masuk gak? Kirimannya buat Raja udah nyampe! Terima kasiiiihh… Raja seneeenng banget sama baju2nya. Terima kasih banyak ya mbak Rully, kiranya Tuhan balas berkat untuk keluarga mbak Rully yaaa🙂

    Semoga si Teh Isma ini betah dan bagus kerjanya ya mbak, duh, persoalan pengasuh ini selaluu aja membelit kita…hikkss…tapi itu dia, tetep aja pastinya ada jalan ya mbak, Tuhan tau kebutuhan kita🙂

    Thanks buat tipsnya jeng, ini pasti berguna banget buat kita2🙂

    1. ya jeng Lisa..oh iya pesen di FB masuk dan udah aku bales jg🙂
      Wah jadi ikut seneng kalau Raja seneng.

      Amin. Iya sudah jalan minggu kedua dan kelihatan bagus si Teteh barunya🙂 mudah2an tahan lama nih😀

      Sip. Sekedar sharing. Syukur2 bisa bermanfaat yah🙂

  3. Alhamdulillah ya Mba dah dapet pengasuh baru….semoga betah dan sosoknya sesuai harapan kita…bisa jagain Nisha dan Kaira dan jadi teman mainnya…Aminnn…

  4. Semoga cocok ya mba dengan pengasuh barunya. Skr juga aku lagi bingung nih mba. lagi nyari2 buat nemenin adeknya Dafi nanti. huhuhuh.. susah banget sampe skr belom dapet2 heheh.😀

    eh iya, makasih tips nya..🙂

Tinggalkan Balasan

