Lebaran di Sukorejo

anak2 @ Sukorejo

Saya hampir lupa kalau masih punya cerita lebaran yang harus saya posting. Yaa..memang banyak alasan untuk nggak sempet-sempet posting nih😀

Sebenarnya 2 minggu sebelum lebaran anak-anak memang sudah diantar dulu ke Eyang uti Sukorejo, kampung halaman suami saya. Rumah Eyang Uti terletak di pinggr jalan utama Sukorejo, termasuk jalur bus dari Jakarta ke arah Temanggung dan Jogja. Karena di pinggir jalan utama itu anak-anak jadi jarang main di halaman depan rumah. Tapi yang namanya rumah di kampung, nggak heran kalau luas dan punya kebun belakang rumah juga. Di sana anak-anak sering menghabiskan waktu bermain. Bermain diantara pohon durian, coklat, kopi, pisang, papaya, nangka, dll.

Saya tidak akan menceritakan ritual lebaran di rumah Eyang Uti karena kita ke sana juga sudah lebaran hari ke-3. Acara sungkeman seperti biasa dan kumpul keluarga. Yang paling kami suka, terutama anak-anak adalah saat kita menikmati nuansa desanya, hehehe..jadi berasa pulang kampungnya😀

Tidak jauh dari rumah Eyang Uti, tinggal nyebrang jalan utama aja, ada rumah Budhe dan Pakdhe. Kakak ipar saya. Di sana terdapat peternakan ayam petelur. Selain itu juga ada ternak ikan lele dan domba. Tanaman buah-buahan di rumah Budhe dan Pakdhe ini juga tidak kalah banyak loh, ada jambu sukun (jambu biji tapi ngga ada bijinya dan rasanya manis), kelengkeng, alpukat, kelapa ijo, jambu merah, pisang raja, dll. Dulu malah ada strawberry juga tapi lebaran kemarin kita nggak lihat kayanya😦

Pagi hari anak-anak suka ikut main di peternakan ayam sambil ikut ngambil telur. Maaf ya Budhe telurnya jadi banyak yang retak dan pecah, ups!😀

 

Kaira di peternakan ayam rumah Budhe-Pakdhe

 dan ini

Tanisha saat ambil telur🙂 *malah dibuat mainan dulu...hehehe

 dan ini juga..

Kaira lagi ngobrol sama ayam..hehehe

 Habis ngobrol sama ayam Kaira bilang, ” Ma ayamnya seneng dia ketawa terus, mulutnya hahaha..gitu”. Dia pikir ayam petok-petok itu ketawa😀

Tanisha - mulai menghitung jumlah telur yang berhasil dia kumpulkan di atas tray🙂

dan Kaira juga..

Kaira - menghitung telur-telur yang diambilnya😀

Atau main seluncur dan menyanyi ala di panggung superstar di atas tumpukan pakan ayam di gudang.

Tanisha - Kaira main di atas tumpukan pakan ayam

 Siangnya kita suka menyegarkan diri dengan menikmati buah kelapa ijo.

 

 dan sampai berebut minum..

Kaira minum sama Ayah - Tanisha, "Mba Nisha mana??" hehehe..

Saat ada acara keluarga dan butuh kelapa tua juga tinggal ambil saja, ini jadi bagian Ayah😉

 

Ayah beraksi mengupas kelapa🙂

 

Saking asiknya bersama anak-anak dan keluarga besar di Sukorejo, kita jadi lupa untuk foto-foto nih. Jadi sedikit aja koleksinya. Sedikit juga nggak sempet diedit semua..hehehe

Meskipun singkat, mudah-mudahnya ini cukup mewakili cerita lebaran di Sukorejo sebagai arsip keluarga kami untuk nantinya bisa dibaca sama anak-anak juga. Duh jadi kangen pulkam lagi kesana. Oiya selama anak-anak di antar duluan kesana saya mau berterima kasih sama Eyang Uti, Budhe, Pakdhe, ponakan-ponakan, Mba Hita dan Mba Nana yang sudah bantu jaga anak-anak. Agak pusing ya..hehehe..matursembah nuwun nggih.

 

 

 

3 thoughts on “Lebaran di Sukorejo

  1. wah seru yah mbak mudiknya…dari photo2nya kak nisa dan kaira menikmati banget liburannya, malah mau tinggal disana duluan selama seminggu, wah nggak bayangin kalo kinan, nempel terus sama emaknya soalnya….semoga kita semua selalu sehat dan panjang umur dan insyallah bertemu dengan ramadhan tahun depan dan bisa mudik lagi kekampung halaman🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s