Mudik Lebaran

Mudik berarti pulang ke kampung halaman. Istilah mudik populer sebagai tradisi pulang kampung di Indonesia yang puncaknya menjelang hari raya Idul Fitri atau lebaran. Demi berkumpul dengan keluarga besar, banyak orang yang melakukan tradisi ini termasuk saya.
Bisa saja mudik dilakukan di luar waktu lebaran, tapi rasanya tetap beda. Belum tentu di waktu lain bisa bertemu dengan keluarga besar, saudara, teman waktu kecil, sahabat, dan lain-lain.
Mudik kali ini buat saya agak berbeda dengan sebelumnya. Dimana waktu pulang antara saya, anak-anak dan suami beda. Penyebab utamanya adalah suami belum pasti kapan bisa cuti karena kebetulan per 1 September ini sudah pindah ke tempat kerja baru setelah resign dari tempat kerja yang sekarang.
Anak-anak sudah saya antar seminggu yang lalu pas setelah hari terakhir sekolah. Maklum Eyang, Budhe dan saudara-saudara di kampung sudah kangen. Kemudian saya harus kembali lagi ke Tangerang dan kerja lagi. Kemarin, tanggal 26 Agustus 2011 malam saya baru mudik. Sedangkan suami rencana pagi ini naik kereta (27 Agustus 2011) tapi kehabisan tiket dan baru dapat tiket bus untuk berangkat sore.
Saat nulis ini, saya masih di jalan. Bayangkan saja, seharusnya pagi ini jam 4 atau jam 5 saya sudah sampai di rumah, tapi sekarang sudah jam 1 siang saya masih di jalan dengan kemacetannya. Berarti sudah 17 jam saya di jalan. Sepanjang jalan dari Jakarta macet. Itulah salah satu harga mudik lebaran yang harus dibayar. Belum lagi mesti nahan lapar dan pipis. Kebetulan pas ngga puasa karena dapet jatah bulanan, hehe. Kata suami,”Tumben Ma ngga bawa bekel biasanya nimbun, hehehe..”. Dan pas ada waktu berhenti langsung deh beli-beli cemilan buat di jalan.
Dari pengalaman ini, saya harus benar-benar memperhatikan lagi sebelum mudik antara lain :
– Pastikan waktu mudik. Tanggal cuti antara saya, suami dan libir sekolah anak-anak harus diklopkan sehingga bisa dapat waktu yang sama untuk mudik.
– Tentukan dulu mau mudik naik apa karena sampai saat ini kita belum punya mobil sendiri. Jadi beli tiket tidak mepet waktu lebaran sehingga tidak sampai kehabisan. Mudah-mudahan bisa punya mobil sendiri saat mudik tahun depan. Amin.
– Packing barang bisa dicicil jauh-jauh hari dan usahakan seringkas mungkin. Seperlunya saja. Ini yang biasanya agak susah hehehe..
– Jaga kondisi kesehatan biar fit terus.
– Pastikan sebelum berangkat sudah isi pulsa dan battery penuh.
– Selalu cek list mudik yang sudah dibuat agar dipastikan semuanya done sebelum mudik.
Ok, selamat mudik dan berkumpul dengan keluarga besar dan handai tolan. Semoga perjalanannya lancar.

Nb. Saat selesai nulis ini masih belum sampai rumah setelah 18 jam perjalanan😦 sabar…

8 thoughts on “Mudik Lebaran

  1. wah mudik kemana??
    heppy mudik .. moga selamat sampai tujuan mudik dan begitupun baliknya🙂
    met lebaran .. minal aidin wal faidzin🙂

    1. Sorry baru buka nih Bue, baru pulang lagi ke Tangerang. Kmrn mudik ke Semarang & Sukorejo. Mudik jg?
      Oiya Met lebaran ya Buk, Mohon maaf lahir dan bathin🙂
      Matursuwun nggih…oiya link nya belum aku ganti jg, insylh nanti diganti.

  2. Mudik emang seru ya Mba…penuh suka duka pula…tapi akan terbayar pas bisa kumpul keluarga.

    Btw, kami sekeluarga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri ya mba, mohon maaf lahir batin atas segala kesalahan dan kekhilafan…

    salam kangen buat Mba Nisha dan Kaira;)

    1. Iya Mba Ai, seruu banget meski mahal harganya hehehe..pasti mudik jg kan yah?
      Sama2 ya Mba, kami sekeluarga juga mengucapkan Selamat Hari raya Idul Fitri dan Mohon maaf lahir dan bathin.

      Peluk cium buat Hanuun yaaa.. makasi Mba

  3. Trus waktu baliknya barengan gak mbak?

    Memang mudik banyak suka dukanya yah, tapi semua duka akan terbayar begitu bisa bertemu keluarga besar ya mbak…

    Selamat Idul Fitri ya mbak Rully, meski udah telat nih ngucapinnya😀

    1. balinya ngga bareng jg😦 Ayahnya pulang duluan krn harus kerja trus kehabisan tiket pula akhirnya meski ngeteng naik bus..
      Tp aku ama anak2 bareng dianter sama Eyang ke Tangerang🙂
      Iya seneng bgt bisa ngumpul smua nih.

      Makasi ya mam, kami mohon maaf apabila selama ini ada khilaf. Mohon dimaafkan ya😉

  4. Hmm..mudik memang menyenangkan dan penuh suka duka yah mbak…saya sampai hari ini masih terkenang suasana diJawa..males banget kerja nieh..mbak..hmm harus recharge battery biar semangat lagi nieh..biar pulih semangat untuk kerja demi masa depan..:)

    1. ho oh jeng..biar capek banget dan pernuh perjuangan tp tetep bawaannya seneng aja😀
      bener2..sama aku kok jd tambah males habis mudik..tp tetep harus semangat lagi..AYO SEMANGAT!!! hehehe

Tinggalkan Balasan

