Lomba Senam PAUD Propinsi Banten

Kaira - Lomba Senam

Baru bisa ngeblog lagi. Akhirnya kesampaian juga cerita tentang keikutsertaan Kaira di Lomba Senam tanggal 28 Juli 2011. Lagi-lagi saya harus cuti karena masih hari kerja. Ya, mau tidak mau saya memang harus mengantarkan Kaira mengikuti Lomba Senam Anak Usia Dini Tingkat Provinsi Banten yang diadakan cukup jauh dari rumah kami, yaitu di kota Serang. Kaira dipilih untuk mewakili sekolah bersama satu orang teman sekolahnya, Nabila. Kebetulan hanya sekolah Kaira, Al-Hidayah yang mewakili kecamatan.

Hari itu kita berangkat pagi-pagi sekali karena jam 6.30 rombongan perwakilan PAUD Kabupaten Tangerang harus sudah berangkat mengingat tempatnya cukup jauh yaitu di Lapangan komplek kantor pemerintahan propinsi Banten di Serang.

Sesampainya di sana anak-anak langsung menempatkan diri sesuai dengan kabupatennya masing-masing. Di sana anak-anak tidak boleh disampingi orang tua. Posisi orang tua jauh di belakang area anak-anak lomba. Alhamdulillah, Kaira berani berdiri paling depan. Saya hanya bilang, “ Dek, nanti yang semangat ya senamnya, ikutin geraknya instruktur yang nanti senam di atas panggung itu, jangan takut, yang berani ya sayang, Mama jagain adek di belakang sana ya. Semangat ya Nak.”, saya memeluk Kaira lalu menjauh dari area anak-anak yang sedang lomba. Di barisan depan, awalnya Kaira bersama temannya, Nabila, tapi tidak berapa lama Nabila menangis minta sama Mamanya tapi Kaira tetap di posisinya. Keberanian anak juga menjadi salah satu faktor yang dinilai dalam lomba senam tersebut. Alhamdulillah, Kaira saat itu berani.

Duduk dulu sambil menunggu senam dimulai :)kaira & Nabila @ Lomba Senam

Suara pelawak Sudarmaji alias Doyok menandai lomba senam akan segera dimulai. Kaira terlihat berdiri tegap penuh semangat meskipun hari sudah mulai panas. Senam pun dimulai. Hampir semua gerakan dari instruktur bisa diikuti Kaira dengan lincah.

Bersama Doyok

Mengingat posisi berdiri Kaira paling depan, saat selesai senam, Gubernur Banten beserta rombongannya menyalami Kaira. Wah jadi kelupaan ambil fotonya karena dari tadi keasyikan melihat Kaira senam🙂

Kaira & Gubernur Banten - Ibu Atut

Selain lomba senam, ada juga lomba mewarnai dan menari untuk anak-anak TK. Saat lomba menari berlangsung, Kaira naik di atas kursi undangan dan ikut menari mengikuti gerakan teman-teman TK yang sedang pentas di atas panggung. Lucu banget.

Pulangnya, terpaksa saya dan Kaira bersama Nabila dan mamanya serta salah seorang guru harus naik bus umum karena salah satu guru yang ikut rombongan bus ada yang kena musibah kehilangan uang dan laptopnya sehingga jadwal pulang jadi tidak pasti. Akhirnya karena sudah mau malam kita pamit pulang duluan. Dari bus umum turun di tengah jalan tol. Yang ini sebenarnya pelanggaran ya, tapi ternyata kita disuruhnya berhenti disitu. Setelah melewati jalan setapak dan berhasil naik ke jalan raya, alhamdulilah ketemu pangkalan ojeg (kayanya memang sudah sering orang lewat jalan ini sampai ada pangkalan ojeg disana, hehehe). Dan kita naik ojeg dua kali ganti untuk sampai ke rumah.

Hari yang melelahkan memang, tapi saya senang masih bisa punya kesempatan mengantar Kaira ikut kegiatan sekolah meski harus cuti. Saya melihat Kaira yang semakin berani dan percaya diri adalah hal yang harus selalu saya syukuri. Dan perjalanan hari itu tidak sia-sia, setelah seminggu kemudian kita dapat kabar rombongan kita meraih juara pertama. Alhamdulillah. Tapi buat saya yang terpenting dari lomba ini adalah menumbuhkan keberanian dan percaya diri Kaira. Selain itu waktu kebersamaan kami yang belum tentu saya dapat di hari lainnya karena saya bekerja.

8 thoughts on “Lomba Senam PAUD Propinsi Banten

      1. oh iya inget, kayanya blogku pernah error untuk beberapa hari ngga tau knp😀
        wah jd malu nih, semua anak itu istimewa, alhamdulillah dapet anugrah anak2 super istimewa hehehe..kalau reward itu bonus mam🙂
        matursuwun ya🙂

  1. wah senangnya ikut lomba di propinsi..salut dengan keberanian kaira ikut lomba senamm..gimana sih mbak caranya biar anak berani, kiara umur berapa yah mbak..
    kinan kayaknya masih suka malu malu dan takut kalo berhadapan dengan orang baru atau lingkungan baru..apalagi kalo misalnya disuruh senam berdiri sendiri kayak gitu..walah sama sekali gak yakin…sharing dong mbak..eh biar terbales aku copy aja ke email mbak ruly aja..
    thanks

  2. Kaira lahir 10 Desember 2008, jd skr 2 th 9 bln ya.
    Ya kadang2 anak2ku jg malu gt, malah pada dasarnya mereka pemalu jg. Sekedar sharing ya, pas anak2ku malu atau belum berani aku selalu bilang, “anak-anak mama semuanya hebat, kenapa harus malu? kan ngga salah..pasti bisa!! Mama tetep disini bangga. Ayo anak pinter, senyumnya mana? pasti bisa!!”
    Jika mereka sudah berani, pastikan dia tahu bahwa kita tetap disitu menjaga mereka dari jauh jadi dia jg merasa aman,
    Dan saat bermain di rumah, saya suka adain pentas kecil2an, pura2nya mereka sedang pentas di atas panggung biar mereka bebas berekspresi.
    Anak-anak kan memang lagi masanya mencontoh, terutama mamanya untuk anak cewe. Kebetulan saya senang melibatkan anak-anak, misal, anak2 pernah ikut naik panggung saat saya jd MC di sebuah acara meskipun acara kecil2an, ikut jualan di pinggir jalan, ngajak mereka senam di tengah orang banyak, dll.
    Tapi memang jk anak ngga mau ya jgn dipaksa. Sebagai ortu hanya bisa mensupport aja.
    Ok mam sudah kepanjangan ya ceritanya hahaha…sekedar sharing ya..
    thanks Mam🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s