Menjelang Hari Kartini

Hari Kartini setiap tahunnya jatuh pada tanggal 21 April. Tanggal ini bertepatan dengan tanggal lahir Ibu R.A Kartini sebagai sosok pahlawan wanita Indonesia dan icon kesetaraan gender. Beliau mempunyai rasa keibuannya begitu besar sehingga tidak menginginkan anak-anak perempuan menjadi bodoh dan tidak berdaya dalam memperjuangkan kehidupan yang sangat sulit saat itu, dimana wanita hanya dianggap sebagai Konco Wingking, Suwargo Nunut Neraka Katut, tidak memiliki hak untuk menyuarakan keinginannya sendiri, semua harus tunduk patuh kepada Orang Tua dan Suaminya, bahkan Ibunya sendiri saja tidak bisa memperjuangkan nasib RA Kartini.

Untungnya, RA. Kartini memiliki Ayah yang berpandangan maju, sehingga memperbolehkan Kartini kecil untuk belajar dan bersekolah, walaupun Kartini hanya bisa bersekolah sampai umurnya 12 tahun. Meskipun begitu, R.A Kartini dapat berbahasa Belanda dengan baik sehingga mempunyai pergaulan yang luas dan dapat mengetahui bahwa di belahan dunia lainnya di negara yang lebih maju para wanita bisa lebih maju dibandingkan di negerinya sendiri. Dari situlah R.A Kartini berjuang untuk bisa membuat sekolah bagi para wanita pribumi saat itu untuk bisa menjadi wanita yang lebih maju dan pintar, karena dari merekalah para wanita, generasi muda akan dilahirkan untuk menerusakan cita-cita bangsa. Salut buat Ibu R.A Kartini.

Salah satu perayaan Hari Kartini itu juga dirayakan di sekolah Tanisha. Setiap murid diwajibkan memakai baju daerah nusantara. Pengumuman acara baru kemarin. Wah mesti cepat-cepat sewa baju nih. Sepulang kerja kemarin saya menyempatkan mampir di sebuah salon dekat rumah, eh betul juga sebagian besar baju sudah tersewa, sebagian sudah ada yang DP dan sisanya tinggal satu-satunya. Ya sudah di DP juga. Tidak ada pilihan lain. Untungnya baru ingat, pawai di sekolah Tanisha diadakannya tanggal 23 April bukan tanggal 21 April, jadi masih sempat tukar baju tanggal 22 April karena sebagian sekolah pawainya pas tanggal 21 April.
Meskipun Tanisha yang wajib pakai baju daerah, saya tidak bisa pesan hanya satu. Harus dua, satunya lagi buat adiknya, Kaira. Kalau beda bisa panjang nih urusannya, hehehehe…
Semoga anak-anak tidak hanya tahu tentang perayaannya, tapi kelak mereka akan tahu dan mengerti makna perayaan tersebut dan mempunyai cita-cita yang sama dengan R.A kartini untuk lebih memajukan bangsa ini.
Selamat Hari Kartini ya!!!!

3 thoughts on “Menjelang Hari Kartini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s