Saatnya Belajar di Sekitar Kita

Tanisha & Kaira sedang mengamati ulat di rumput🙂

Hari libur adalah hari berkumpul bersama keluarga, terutama bersama anak-anak saya. Saya dan anak-anak suka sekali bermain sambil belajar mengamati apa-apa saja yang ada di sekitar rumah kami. Sekarang temanya adalah “Belajar Serangga”, baik yang keluar di malam hari maupun di pagi dan siang hari. Sabtu malam atau malam minggu (semalam) kami baru saja mengikuti jejak suara jangkrik. Sambil mengendap endap diatara rumput-rumput kami bicara dengan berbisik-bisik takut jangkriknya kabur. Pagi harinya, di Minggu pagi,a anak sudah bersemangat lagi untuk belajar. “Ayo Ma!! Kita cari serangga lagi. Ayo jalan!!Pasti mereka juga sudah bagun”, ajak Tanisha bersemangat. Adiknya tidak mau kalah, “Iya ma, nanti kita dengar suara jangkrik lagi”. Hehehe…Tanisha langsung menjawab, “Jangkrik itu serangga yang keluarnya malam, sekarang dia masih bobo”.

Tanisha mengamati terong berwarna kuning

Kita berjalan perlahan berkeliling komplek sambil mengamati. Selain focus mencari serangga, mereka juga aktif bertanya dan berkomentar tentang apa saja yang dilihatnya dan menurut dia menarik. Tiba-tiba Kaira berteriak, “Ma aku nemu ulat, liat-liat!! Dia makannya daun ya Ma?”, sambil menunjuk ulat yang sedang menempel di atas rumput. Kita berhenti sejenak unutk mengamati sesaat. Berbicara tentang warna, kaki-kakinya yang berbulu sampai berpikir dimana ibunya karena ulat itu terlihat sendirian. Lalu kita lanjutkan lagi perjalan dengan tidak lupa bilamng ke ulat, “Dada ulat..makan yang banyak ya..nanti kita berjumpa lagi,”.

Di halaman rumah tetangga, anak-anak melihat pohon cabe. Dan topik pembicaraan berubah ke cabe. Tentang warnanya, rasanya yang pedas , bentuknya, dan lain-lain. Dilanjutkan dengan mengamati tanaman putri malu di semak-semak. Bagaimana dia merunduk malu jika disentuh. Lalu mengamati semut-semut yang keluar masuk semak-semak. Semut yang mereka temui di sepanjang perjalanan berbeda beda. “Mama, semut yang ini lebih besar dan warnanya seperti coklat merah, kalau yang di depan rumah Odi tadi kecil-kecil”. Anak-anak juga sempat bertemu dengan kupu-kupu kecil tapi sayang ia cepat sekali terbangnya jadi anak-anak kehilangan jejak.

Melihat lebah yang sedang mencari makan di atas bunga

Kemudian mereka melihat pohon terong, awalnya mau dipetik tapi kemudian mereka ingat kalau itu bukan miliknya dan tidak boleh diambil atau dirusak. Tiba-tiba Tanisha berteriak, “Lebah bee!!Liat Ma ada lebah bee besar, awas jangan sampai disengat”, sambil menunjut lebah hitam yang sedang berputar-putar di atas bunga. Sayangnya sebelum kita jauh berjalan-jalan dan mengamati tiba-tiba hujan. Waktunya mengakhiri petualangan Minggu pagi itu. Kita berlari pulang sambil menutupi kepala. Agak berbasah-basah sesampainya di rumah, pake handuk, ganti baju dan minum susu hangat sambil lanjut bercerita. Bahagianya bersama anak-anak.

10 thoughts on “Saatnya Belajar di Sekitar Kita

  1. Waa… aku juga senang sekali tuh, ngajak jalan-jalan Jos keliling-keliling komplek😀. Dia bisa banyak belajar dari bentuk aslinya, lumayan lah ga perlu lagi beliin flash card baru, karena yang asli tentunya lebih menarik daripada gambar 2D….

  2. Asik banget ceritanya, mbak… Untuk belajar sesuatu yang baru dan menarik memang gak perlu selalu jauh-jauh ya mbak, karena di sekitar kita banyak juga hal yang menarik untuk dipelajari anak-anak🙂

    1. ho oh bun
      hehehe..Tangerang coret alias kampung di pinggran Tangerang..mampir ya bun kl pas lewat tp maap nih ga bisa ngasi oleh2 terong karena terongnya punya tetangga😉

  3. Halo Bun, iya betul banget bun, anak-anak lebih seneng kalo belajarnya sambil main2. Dan akan lebih kena lagi ke anak kalo belajarnya langsung lihat aslinya🙂
    salam kenal ya Jeng🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s