Membuat Bola-bola Ubi Cilembu

Tanisha membuat bola-bola ubi

Sepulang Ayah acara kantor di puncak, kami dapat oleh-oleh Ubi Cilembu. Ubi memang salah satu bahan kudapan favorit di keluarga kami. Ayah membeli cukup banyak juga. Setelah dikukus, digoreng bahkan dibuat kolak, sepertinya masih ada saja sisanya. Sekitar 3 buah ubi lagi. Enaknya diapain ya? Anak-anak langsung bersemangat mau membantu, akhirnya kita buat bola-bola ubi saja.

Tanisha dan Kaira bersemangat membantu Mama membuat bola-bola ubi🙂

Kita siapkan bahan-bahannya, yaitu ubi, tepung sagu, gula pasir, garam dan air matang. Ubi kemudian dikukus dan dilumatkan. Anak-anak sudah mulai membantu saat melumatkan ubi tapi bahan ubinya jadi berkurang karena sambil melumatkan anak-anak juga sambil makan ubi kukus itu, hehehe..Setelah lumat, dicampur dengan tepung sagu dan sedikit gula, garam dan air. Kemudian campuran semua bahan tersebut dibentuk seperti bola-bole kecil. Tanisha dan Kaira sangat bersemangat sekali saat membentuk bola-bola tersebut. Mba Nisha sudah bisa berbentuk bola-bola ubinya, tapi kaira masih belum bisa karena caranya sambil diremes, hahahaha..Setelah bahan habis terbentuk lalu kita goring. Saat menggoreng adalah saat Mamanya dan anak-anak tetap bantu tapi bantu melihat saja dari atas kursinya dengan jarak agak jauh di belakang Mamanya (tetap ngga kelihatan sih:D).

Saya senang anak-anak sangat antusias membantu Mamanya di dapur. Walau terkadang prosesnya jadi lebih lama, yang pasti pengalaman buat anak-anak itu yang lebih berarti. Rencananya saya akan mulai mengajarkan anak-anak membuat nasi gorengnya yang pertama nanti saat duduk di kelas satu sekolah dasar (SD). Saat ini cukup membantu yang mereka bisa dan mengenalkan nama-nama bumbu dan bahan baik di dapur maupun saat belanja di pasar atau tukang sayur.

4 thoughts on “Membuat Bola-bola Ubi Cilembu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s