Ubi Jalar – Pilihan Pangan Sehat Murah Meriah

Ubi kukus..menu rutin hari libur di rumah kami🙂

Ubi jalar adalah termasuk jenis umbi-umbian yang tergolong murah tetapi seringkali terlewatkan dalam menu keluarga sehari-hari. Padalal jika dilihat dari kandungan dan manfaatnya bagi tubuh, ubi jalar seharusnya masuk ke dalam daftar pangan yang direkomendasikan dikonsumsi untuk semua anggota keluarga.

Manfaat ubi jalar bagi kesehatan yaitu adanya senyawa antosianin, pigmen yang terdapat pada ubijalar ungu atau merah dapat berfungsi sebagai komponen pangan sehat dan paling komplit.

Sekelompok Antosianin yang tersimpan dalam ubi jalar mampu menghalangi laju perusakan sel radikal bebas akibat Nikotin, polusi udara dan bahan kimia lainnya. Antosianin berperan dalam mencegah terjadinya penuaan, kemerosotan daya ingat dan kepikunan, polyp, penderita sakit mah (asam lambung, penyakit jantung koroner, penyakit kanker dan penyakit-penyakit degeneratif, seperti arteosklerosis.

 Bagi penderita yang mabuk jalan atau sering muntahmuntah, serta ibu-ibu hamil muda yang sering muntah-muntah silahkan mencoba ubi jalar dan rasakan manfaatnya. Selain itu, antosianin juga memiliki kemampuan sebagai antimutagenik dan antikarsinogenik terhadap mutagen dan karsinogen yang terdapat pada bahan pangan dan olahannya, mencegah gangguan pada fungsi hati, antihipertensi dan menurunkan kadar gula darah (antihiperglisemik). Hampir semua zat gizi yang terkandung dalam ubi jalar ungu mendukung kemampuannya memerangi serangan jantung koroner.

 Di pasar, kita sering menjumpai ubi jalar dengan berbagai jenis, ada yang putih, merah dan ungu. Lalu, mengapa kita cenderung memilih yang merah atau ungu?

Dibanding ubi jalar putih, tekstur ubi jalar merah/ungu memang lebih berair dan kurang masir (sandy), tapi lebih lembut. Rasanya tidak semanis yang putih padahal kadar gulanya tidak berbeda. Ubi jalar putih mengandung 260 mkg (869 SI) betakaroten per 100 gram, ubi merah yang berwarna kuning emas tersimpan 2900 mkg (9675 SI) betakaroten, ubi merah yang berwarna jingga 9900 mkg (32967 SI).

Makin pekat warna jingganya makin tinggi kadar betakarotennya yang merupakan bahan pembentuk vitamin A dalam tubuh.

Secangkir ubi jalar merah kukus yang telah dilumatkan menyimpan 50000 SI betakaroten, setara dengan kandungan betakaroten dalam 23 cangkir brokoli, yang menggembirakan perebusan hanya merusak 10% kadar betakaroten, sedangkan penggorengan atau pemanggangan dalam oven hanya 20%. Namun penjemuran menghilangkan hampir separuh kandungan betakaroten, sekitar 40%. Menyantap seporsi ubi jalar merah kukus/rebus sudah memenuhi anjuran kecukupan vitamin A 2100-3600 mkg sehari. Didukung pasukan zat gizi lain selain betakaroten, warna jingga pada ubi jalar juga memberi isyarat akan tingginya kandungan senyawa lutein dan zeaxantin, pasangan antioksidan karotenoid. Keduanya termasuk pigmen warna sejenis klorofil merupakan pembentuk vitamin A. Lutein dan zeaxantin merupakan senyawa aktif yang memiliki peran penting menghalangi proses perusakan sel. Ubi jalar merah juga kaya vitamin E. Dari 2/3 cangkir ubi merah kukus yang dilumatkan diperoleh asupan vitamin E untuk memenuhi kebutuhan sehari. Satu buah sedang (100 g) ubi jalar merah kukus hanya mengandung 118 kalori, 1/4 kalori sepotong black forest cake. Zat gizi lain dalam ubi jalar merah adalah kalium, fosfor, mangan dan vitamin B6. Jika dimakan mentah ubi jalar merah menyumbang cukup vitamin C. Makan 1 buah sedang ubi jalar merah mentah sudah memenuhi 42 % anjuran kecukupan vitamin C sehari. Dibanding dengan havermut (oatmeal), ubi jalar merah lebih kaya serat, khususnya oligosakarida.

 Wow, begitu banyak manfaat dalam jenis umbi-umbian yang murah meriah ini. Selain sehat dan murah, ubi jalar juga mudah diolah dari mulai dikukus saja, dibuat cake, puding, dan masih banyak lagi. Di keluarga saya, suami dan anak-anak saya lebih suka dikukus saja langsung disantap jadi saya tidak terlalu repot mengolahnya. Atau memang saya tidak pandai mengolahnya ya?..hehehe..alasan saja ya..:)

Ok Bunda…Selamat berkreasi dengan ubi jalar yang menyehatkan.

 sumber : SINAR TANI Edisi 20 – 26 Agustus 2008; Yang disarikan kembali oleh narasumber dari : 1Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan; 2Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian, Malang

9 thoughts on “Ubi Jalar – Pilihan Pangan Sehat Murah Meriah

    1. Iya MamaRaja, kdg kita suka melewatkan sesuatu yg dekat dengan kita ya..
      tak kenal maka tak sayang ktnya hehehe..
      O iya kl ada resep2 berbahan ubi jalar ya Mom bisa minta dishare…
      Makasi ya Mom🙂

  1. setuju!!! mari kita tingkatkan konsumsi umbi-umbian..sehat kan….
    ngomong-ngomong, ubi jalar dibuat pudding??gimana caranya? kalau untuk cake, aku udah pernah makan.
    tapi sebenarnya, dimakan dengan direbus atau dikukus juga udah mantap kok…

  2. Siiippp..betul sekali sista..
    Salam kenal ya..
    Banyak kok resep puding ubi jalar, berikut salah satunya :

    Bahan I :

    50 gr gula pasir
    2 btr telur
    1 sdm margarin
    300 gr ubi jalar merah, kukus, haluskan
    25 gr tepung terigu
    3 sdm susu kental manis
    150 gr biskuit
    Bahan II :

    700 ml susu
    150 gr gula pasir
    1 bks agar-agar bubuk
    Cara Membuat Puding Ubi Jalar :

    Bahan I : campur ubi jalar halus dengan tepung terigu dan margarine, uleni sampai rata.
    Kocok gula dan telur sampai berbuih, sisihkan. Masukkan campuran ubi ke dalam telur kocok lalu tambahkan susu kental manis, aduk rata.
    Tuang ke dalam pinggan tahan panas yang sudah diolesi margarin. Kukus selama 30 menit. Angkat, sisihkan.
    Susun biskuit di atas adonan ubi.
    Bahan II : Masak susu, gula pasir, dan agar-agar sampai mendidih. Lalu tuangkan di atas adonan biskuit. Biarkan sampai adonan mengeras.
    Tips: Menuangkan agar-agar ke atas biskuit sebaiknya dilakukan pada saat suhu agar-agar hangat-hangat kuku, agar biskuit tidak hancur.
    Untuk 8 orang
    (sumber : http://www.resepmasakanindonesia.info)
    Atau bisa browsing yang lainnya.
    Terima kasih ya sudah mampir🙂

  3. oh, oke2!! bisa kucoba lain kali buat pudding ubi jalar…jadi variasi baru dalam menu makanan. hhe!!

    corazonn09.student.ipb.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s