Pesta Ulang Tahun Pertama

Banyak orang tua yang sudah jauh-jauh hari sibuk memikirkan pesta ulang tahun untuk anaknya di tahun pertamanya. Bahkan ada yang sudah memikirkannya dari awal kelahiran sang anak. Sebagian besar dari para orang tua itu terlalu gembira menyiapkan segala sesuatunya agar di hari ulang tahun pertama si buah hati menjadi istimewa, sehingga lupa bahwa bagaimanapun anaknya masih bayi. Betapapun perayaan megah yang sudah susah payah direncanakan ternyata belum cocok bagi si bayi itu sendiri. Kemungkinan  besar malah ia tidak merasa nyaman dan berakhir dengan tangisannya.

Kue ulang tahun pertama Kaira
Kue ulang tahun pertama Kaira

Seperti halnya saya, yang bingung bagaimana menyiapkan pesta untuk Kaira di tahun pertamanya, sampai suami saya mengingatkan bahwa bagaimana pun Kaira masih bayi. Akhirnya kami memutuskan hanya mengadakan syukuran kecil di rumah bersama keluarga dengan tetap menghadirkan kue ulang tahunnya untuk menemaninya menyanyikan lagu “Selamat Ulang Tahun” dan meniup lilin (pas niup lilin sampai capek lilinnya masih tetap nyala..hehehe..maklum tiupan bayi).

Kaira & kue ultah pertamanya
Kaira & kue ultah pertamanya..suka lihat lilinnya..🙂

Agar tetap dapat membuat pesta ulang tahun pertama yang berkesan, berikut ada beberapa strategi yang bisa dilakukan, yaitu antara lain :

–          Batasi jumlah undangan. Ruangan yang terlalu penuh, apalagi banyak orang yang belum dikenal dengan baik oleh anak, akan membuat bingung anak, bahkan dapat berakibat anak menangis. Undangan bisa dibatasi pada anggota keluarga dan teman dekat serta teman yang biasa bermain dengan si anak. Daftar tamu undangan yang panjang bisa disimpan untuk pesta pernikahannya kelak😀 hehehe…

–          Batasi hiasan rumah. Rumah yang dihias dengan semua barang yang ada di took bisa jadi mimpi buruk buat anak dan dapat membingungkan anak. Pasang hiasan sedikit saja sesuai kegemaran anak.

–          Jangan memanggil badut, pesulap atau penghibur lain, yang dapat membuat takut anak dan teman-temannya. Anak berusia satu tahun biasanya sangat peka dan tidak dapat diduga.

–          Jangan meminta ‘pertunjukkan’. Tentu akan tampak manis bila yang berulang tahun bisa menyambut temannya saat dating dan member hadiah, membuka hadiah dengan penuh miat, meniup lilinnya dan berpose manis saat difoto. Jangan terlalu mengandalkan hal tersebut ataupun memaksanya. Biarkan anak menjadi dirinya sendiri. Meskipun ia hanya sembunyi saat difoto atau bermain dengan kotak kosong daripada dengan mainan dari hadiah yang mahal, biarkan dia melakukannya.

–          Rencanakan waktu dengan baik. Penjadwalan waktu adalah hal yang penting dalam pesta seorang bayi. Siapkan waktu pesta dimana ia sudah cukup beritirahat, kenyang dan tidak menyimpang dari jadwal sehari-hari. Dan rencanakan pesta yang sebentar saja, paling lama satu setengah jam, ehingga ia tidak terlalu lelah setelah pesta selesai.

–          Dokumentasikan kenangan. Pesta ini akan terlalu cepat berlalu, demikian juga seperti masa kanak-kanak seorang anak, jadi abadikan peritiwa ini dengan foto atau video.

Selamat berpesta J

Referensi : Ariene E, Dkk. 1997. Bayi pada Tahun Pertama.

11 thoughts on “Pesta Ulang Tahun Pertama

  1. Tks mom buat tipsnya. Raja bulan Februari 2010 akan genap setahun juga…dan sejak beberapa bulan yang lalu saya juga sudah memikirkan tentang gimana syukurannya nanti😀

    O ya, saya juga mo share pengalaman dikit waktu kira2 dua bulan yang lalu saya dan Raja diundang ke pesta ultah anak dari salah satu temen kantor saya.

    Acaranya memang berlangsung penuh kekeluargaan…tapi..kekeluargaan di antara temen2 orang tuanya saja. Anaknya sendiri terlihat sangat tidak menikmati acaranya. Pas moment tiup lilin dan ciuman dari kakek-neneknya, anaknya malah nangis kenceeennnggg…banget. Dan setelah itu bawaannya jadi rewel..wel..wel…

    Kalo dari pengamatan saya, ada beberapa hal yang membuat anaknya tidak nyaman.

    Pertama, acaranya dibuat jam 7 malam!!! Padahal di jam segitu, sebagian anak malah sudah mulai mengantuk😀

    Kedua, undangannya terlalu banyak jika dibandingkan dengan rumahnya yang berukuran lumayan kecil. Jadi di dalam penuh sesak sehingga udara menjadi pengap dan panas.

    Jadi bener tips2 yang mbak tulis di sini… Dan kayaknya kalo untuk first birthday, it will be better if we celebrate it only with our closest family and friends🙂

  2. Wah iya bentar lagi Raja setahun ya, ngga terasa ya Mom.
    hehehe.. pasti udah punya rencana ya..

    Iya kalau dipikir-pikir pestanya kan buat anak, ya sebisa mungkin anak bisa menikmati dengan harapan ada sesuatu yang baru yang menyenangkan buat dia.
    Ditambah lagi dikelilingi orang2 terdekat yang benar2 dikenal dan sagat sayang sama dia..waaaa..dalam hatinya pasti bahagia baget tuh..ditambah iringin doa dari smuanya…

  3. thanks Mom atas infonya, Pyto juga akan berulang tahun ke -1 Februari 2010 yang akan datang nih. Dan Mamanya pusing tujuh keliling cari ide buat ultahnya yang cocok buat usia 1 tahun, berkesan dan tentunya cocok di kantong hehehe

  4. mo tanya om tips buat anak akan akan ulang tahun memasuki usia 2 th, y bagu s kt buat syukuran atau pesta ulang tahun. tks om atas infonya

    1. Hi Semelda, salam kenal
      saya Rilia Rully (cewe loh..heheheh)

      Anak yang memasuki usia 2 tahun biasanya sudah mulai menikmati perayaan ulang tahunnya yang warna warni dan banyak teman. tetapi bagaimanapun juga dia masih anak2. Masa menikmatinya mungkin hanya beberapa saat saja.
      Jadi mungkin akan lebih berkesan, jika ada budgetnya, diberi pesta yang sederhana yang penuh warna warni lengkap dengan kue ultahnya (kalau bisa temanya sesuai kesukaan anak).
      Undangan akan lebih bisa diterima anak jika tidak terlalu banyak dan yang sudah dikenalnya saja.
      Acara juga dibuat jangan terlalu lama. (tips lainnya sama dengan artikel di atas).
      Ok Selamat merayakan ulang tahun anak tercinta.
      *kalau anak tidak mau jangan dipaksa ya ^_^

  5. thanks untuk tips nya mom. kebetulan anak saya akan ulang tahun yang pertama .
    sampai sekarang masih kepikiran mau dirayakan atau tidak, kalau suami saya bilang ga usah dirayain diluar lebih baik tiup lilin dirumah dengan keluarga saja, apa perayaan itu penting ya mengingat temen kantor saya merayakan ultah yg pertama dengan mengundang dan merayakan di restoran.

    1. ya kalau menurut saya unutk anak umur setahun belum tau tentang perayaan itu sendiri sih mom. saya lebih ke berbagi kebahagian aja dan bersilaturahim, itu pun kalau ada budgetnya. Dan yg terpenting anak kita happy ^_^

      1. thanks masukannya mom🙂
        kalau menurut mom ada tips ga supaya anak happy disaat dia ultah?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s