Lancar Berjalan di Tahun Pertama

Sejak di usia 11 bulan, Kaira memang sudah bisa melangkah. Meskipun saat itu masih 2 langkah. Seminggu kemudian jaid 5 langkah dan 10 langkah hanya berselang beberapa hari saja. Pada ulang tahun pertamanya, Kaira sudah semakin lancar berjalan.

Kaira : mulai melangkah di usia 11 bulan

Kaira seperti penjelajah kecil yang tidak mau berhenti. Berjalan kesetiap tempat di rumah, bahkan sesekali dia selingi dengan melompat yang berujung pada pantatnya harus mendarat dilantai, ups sakit ya dek? Atau kalau ada musik yang disukainya, sambil berjalan dia membuat gerakan seperti menari. Tubuhnya tampak sempoyongan seperti mau jatuh. Senyumnya yang lucu selalu menghiasi wajahnya.

Berbeda dengan kakaknya, Tanisha, Kaira tidak saya perkenalkan dengan baby walker. Dulu Tanisha sejak umur  7 bulan sudah mengenal baby walker dan bejalan pada usianya yang ke 11 bulan. Tetapi jalan pertamanya tanpa baby walker tampak seperti terburu-buru. Bahkan saat lancar berjalan, dia seperti berlari-lari kecil. Baby walker tampaknya membuatnya selalu ingin berjalan lebih cepat. Sedangkan Kaira, sama sekali tidak saya kenalkan dengan baby walker. Awal bisa berjalan juga hampir sama umurnya di usia 11 bulan lebih sedikit, hampir 1 tahun. Tetapi Kaira bisa berjalan lebih santai, tidak terburu-buru.

Bagaimanapun kami bersyukur karena anak-anak kami sehat dan tumbuh besar dengan baik. Perkembangannya pun sangat baik.

Bagi para orang tua yang bayinya belum melangkahkan kakinya di tahun pertamanya, jangan khawatir karena itu sama sekali tidak masalah dan itu sama sekali tidak mencerminkan intelegensinya. Bahkan sebenarnya menurut berbagai penelitian menunjukkan usia tiga belas samapai lima belas bulan sebagai  usia rata-rata dari mulai berjalannya seorang anak. Yang tetap dapat dilakukan orang tua adalah terus memberikan rangsangan bukan memaksanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s