Soto Ayam, Pilihan Menu di Musim Hujan

Soto Ayam
Soto Ayam

Sebulan ini Tangerang sudah sering turun hujan, sehari-hari udaranya jadi lebih sejuk. Menu makan juga perlu disesuaikan. Rasanya enak kalau udara sejuk begini makan yang ada kuah panas yang banyak. Kebetulan deh, menu andalan saya di rumah yaitu Soto Ayam. Selain bisa untuk menu para orang tua, juga bisa untuk anak-anak sekalian. Jadi tidak perlu masak menu yang berbeda. Dan yang paling penting semua keluarga suka.

 

Untuk para penggemar soto ayam, mungkin bisa dicoba juga nih.

Bahan: Ayam 1/2 ekor direbus dengan air secukupnya sampai empuk telur rebus 5 bh; soun cina rendam air panas dan tiriskan Toge secukupnya; cabe rawit hijau/ merah dikukus/ direbus Bawang merah goreng secukupnya Lengkuas 2 cm, memarkan Sereh 1 btg, memarkan garam, merica, gula Daun jeruk, Jeruk nipis Daun bawang, seledri iris halus, tomat diiris  dan minyak goreng untuk menumis

Bumbu dihaluskan: Bawang merah 3 bh, Bawang putih 5 siung, Jahe 1 cm Kunyit 1 cm, Kemiri 5 bh

Cara memasak: 1. Ayam rebusan digoreng setengah matang lalu disuir-suir. 2. Tumis bumbu halus, sereh, lengkuas, daun jeruk, garam, gula, merica sampai harem kemudian masukkan kedalam kaldu ayam sampai mendidih. 3. Susun di mangkok dengan menyusun telur, toge, soun cina, suiran ayam dan siram dengan kuah, taburi bawang merah goreng, daum bawang, seledri dan tomat diatasnya dan tambahkan perasan jeruk nipis. 4. Soto ayam sangat sedap bila disajikan dengan sambal rawitnya nya dan kecap manis. Ditambahkan emping goreng untuk taburan juga bisa.

Sambal soto: cabe rawit 5 bh dikukus/ direbus, haluskan tambah sedikit garam dan tuangi sedikit air kaldu panas. Catatan : – soto yang disajikan untuk anak bisa sesuai selera anak, Tanisha (28 bulan) suka sounnya lebih banyak daripada nasinya, sedangkan Kaira (10 bulan, suka ambil kaldunya dan ayam rebusan dicincang untuk ditambahkan ke nasi tim sayurnya). Biaya yang saya keluarkan untuk menu ini Rp. 25.000 (tidak termasuk nasi ya).

4 thoughts on “Soto Ayam, Pilihan Menu di Musim Hujan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s