Sudahkah Menjadi Ayah yang Efektif?

bersama Ayah
bersama Ayah

Seorang Ayah sebagian besar identik dengan rutinitasnya bekerja dan menghabiskan waktu di luar rumah. Dengan sedikitnya waktu yang dapat diluangkan untuk berkumpul bersama keluarga, para ayah harus dapat menjadikan waktu itu berkualitas. Setiap ayah pasti sangat sayang dan mencitai anak-anaknya, tetapi seringkali bingung bagaimana harus bersikap. Sudah efektifkah peran anda sebagai Ayah?

Menurut James Van Horn, seorang professor sosiologi dari Pennsylvania University, Amerika Serikat yang dikutip dari http://www.ayahbunda.com mengembangkan sebuah metode pengasuhan anak yang ia singkat menjadi CARE yaitu :

Consideration. Memperlihatkan kepedulian dan perhatian kepada kebutuhan dan perasaan anak-anaknya. Misalnya, sesekali buatkan makan pagi si kecil dan makan bersama.

Appreciation. Menunjukkan penghargaan, mestkipun terlihat sepele tapi sangat besar artinya bagi si kecil. Ucapkan “terima kasih” disertai pelukan hangat saat si kecil membantu Anda, meskipun cuma mengambilkan koran misalnya, akan sangat berarti buatnya.

Respect. Hormatilah pilihan anak walaupun itu tidak sesuai dengan selera Anda. Kalau si kecil memilih kaos kaki hijau untuk dipakai dengan sepatu merahnya, biarkan saja. Ia sedang belajar memilih.

Empathy. Anda dapat mengembangkan perasaan empati atau mengerti dan merasakan terhadap apa yang sedang terjadi pada orang lain kepada si kecil. Misalnya, mengajak ia ke panti asuhan untuk memberikan barang-barang yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s