Ibu Hamil Berpuasa – Amankah?

Tidak terasa saya sudah melewatkan blog ini selama hampir sebulan. Pekerjaan kantor yang akhir-akhir ini semakin menyita waktu dan anak-anak yang sudah mulai masuk sekolah serta membutuhkan perhatian lebih dari mamanya yang selalu pulang malam, juga kondisi kehamilan saya membuat blog ini agak terabaikan. Tiba-tiba sudah akan mengakhiri minggu ketiga di bulan July, berarti saatnya menyambut pulan Ramadhan yang insyaalah akan dimulai besok 20 July 2012.

Menjelang bulan Ramadhan ini, mungkin banyak ibu hamil yang ragu untuk berpuasa, termasuk saya. Minggu ini kehamilan saya memasuki minggu ke-16. Tetapi saya tidak ingin melewatkan puasa Ramadhan kali ini meskipun sedang hamil. Ragu juga sih. Aman ngga ya? Setelah tanya sana sini, ke yang sudah berpengalaman tentunya, dan browsing juga, ternyata ngga masalah selama kondisi fisik memungkinkan dan selalu memperhatian asupan makanannya saat sahur dan berbuka.

Menurut Febriansyah Darus, dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari Kemang Medical Care, yang saya kutip dari Kompas.com, salah satu manfaat puasa bagi ibu hamil adalah membantu pembakaran lemak yang tidak dibutuhkan tubuh. Lebih lanjut dijelaskan juga, perubahan pola makan dari tiga kali sehari menjadi dua kali sehari sering membuat ibu hamil khawatir untuk menjalankan ibadah puasa. Kekhawatiran ibu sebenarnya beralasan karena salah satu penelitian menyebutkan, pada beberapa wanita hamil yang berpuasa memiliki risiko melahirkan bayi yang berberat badan rendah. Namun, perlu dicatat bahwa hasil ini hanya ditemukan pada wanita yang cenderung memiliki pola makan dan diet buruk.

Selain itu, masih menurut beliau, wanita hamil yang berpuasa umumnya akan terjadi perubahan keseimbangan kimia dalam darah. Namun, perubahan ini tidak berbahaya bagi ibu dan bayinya. Dan ditambahkan lagi, tidak bisa dipungkiri bahwa ibu yang tengah hamil memang mengalami perubahan hormon. Hal ini berefek pada perubahan mood, nafsu makan, dan gejala-gejala seperti muntah dan lain sebagainya.

“Wanita hamil perlu membatalkan puasa jika ditemukan tanda-tanda seperti pendarahan, kontraksi (lebih dari empat kali dalam 1 jam), terjadi penurunan gerak janin, penglihatan memburam, tegang otot, lemas berlebih, dan pusing hebat”, jelas dokter Febri lebih lanjut.

Jadi menurut penjelasan diatas, jika saya ingin tetap berpuasa dan tetap aman, saya  sebagai ibu hamil harus memastikan hal-hal antara lain :

  1. Mendapatkan istirahat yang cukup.
  2. Menjauhkan diri dari stress atau hal–hal yang mimicu stress.
  3. Memenuhi asupan nutrisi dan energy yang tepat saat sahur dan berbuka dengan pemilihan menu yang tepat pula.

Point 1 dan 2, agak sulit jika saya harus kerja lembur terus seperti sekarang ini. Tapi minimal saya selalu mengkondisikan diri saya selalu fit dan menjaga mood agar selalu baik. Menikmati saat menjalaninya, harus saya lakukan. Point 3, sepertinya saya harus lebih waspada lagi pada kemauan makan saya, tidak asal comot karena tidak selalu kemauan seiring dengan kebutuhan, hehehe :)

Nah, berarti hal-hal yang harus saya perhatikan juga berhubungan dengan makanan dan pola makan pada saat bulan puasa yaitu :

  1. Banyak mengkonsumsi makanan berbahan dasar susu dan protein dan minum susu min. 2 x sehari.
  2. Pada malam hari banyak makan makanan kaya serat dan minum air putih yang banyak.
  3. Saat sahur, hindari mengkonsumsi gula berlebih.
  4. Pada saat berbuka puasa, hindari minum air dingin dan yang mengandung kafein.
  5. Tetap mengkonsumsi makanan rendah lemak.

Wah, kayanya yang penting bisa memenuhi makanan empat sehat limat sempurna nih. Untuk buka puasa, saya selalu suka es kolak pisang atau ubi, gimana ya? Hehehe. Mungkin minumnya anget-anget pas habis sholat magrib kali yah :D

Semoga dengan niat yang tulus untuk menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini dapat melancarkan semuanya, Amin :)

Pada kesempatan ini juga saya dan keluarga mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa dan alangkah baiknya dapat mengawali bulan suci ini dengan hati yang bersih, maka ijinkan kami memohon maaf lahir dan bathin atas segala khilaf.

 Sumber gambar : internet

About these ads

10 thoughts on “Ibu Hamil Berpuasa – Amankah?

  1. Tfs mbak rully
    saya sekeluarga juga mengucapkan Selamat menunaikan Ibadah puasa ramadhan mohon maaf lahir batin yah mbak untuk mbak dan keluarga
    semoga kita bisa menjalankan puasa ramadhan kali ini dengan hati ikhlas dan dapat berkah-NYA *amien

  2. Assalamualaikum mom..
    Waduh senengnya menunggu buah hati tercinta..ini jg pengalaman pribadi pas hamil ke2 kmrn Alhamdulillah bs puasa penuh di bln ramadhan wkt itu usia kehamilan baru 3 minggu, setuju bgt sm yg rully tulis diatas, tp yg lebih ptg lgi yg pasti qt niatkan puasa Lillahita’ala, dimudahkan dan disehatkan InsyaAllah diberi kelancaran, jd jgn pernah ragu utk puasa selama kondisi qt baik.
    Ok deh mom smg bermanfaat, diberi kemudahan dan keslamatan smp bsk melahirkan, tak lupa jg sy sekeluarga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa n smg Allah meridloi..
    Wassalam..

  3. Kalau saya baca2, ibu hamil dan menyusui bisa dan aman kok berpuasa. Cuma dulu terlalu takut aja, nyesel dulu pas hamil gak puasa. Semoga kehamilan dan puasanya lancar ya bun :-)

  4. Mba Rully, selamat menjalankan ibadah puasa juga…semangat dan semoga selalu sehat dalam menjalankan ibadah puasa ini. Adik dalam perut juga pasti ikutan semangat nemenin Mamanya berpuasa, hehe…
    Mba Nisha dan Aira udah ikutan puasa juga ya…

    • Sama2 Mba :) selamat berpuasa juga ya..
      Amiin..iya 11 hari pertama alhamdulillah lancar, tapi akunya pas banyak kerjaan pulang malam terus jadi drop trus tensi sampai 80/70 dan BB turun jadi dokter nyaranin puasanya diganti lain waktu. Tp tetep bersykur udah dapat 11 hari ramadhan ini :)
      Iya Nisha n Aira selama di sekolah ikutan puasa tp stengah hari :D hehehe..masih belajar mba :)
      Hanuun gmn? pasti ikutan sahur n buka juga tuh :D

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s