Keju untuk Bayi. Boleh tidak ya?

Kaira (6 bln) - siap dapat variasi makan ^o^

Kaira (6 bln) - siap dapat variasi makan ^o^

Kaira (6 bulan), anak saya yang kedua sudah mulai mendapatkan variasi makan. Awalnya masih mulai dengan bubur susu dan sekarang akanmulai mencoba tim saring. Mengingat bayi sebaiknya tidak perlu nembahkan garam dalam makanannya, saya berpikir untuk menambahkan keju saja agar tetap terasa lebih gurih.

Ragu juga awalnya, boleh apa tidak ya. Sampai saya ketemu artikel tentang ini dari TipsBayi.com.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Keju?

Karena keju merupakan susu yang dipadatkan, maka kandungan gizinya sebenarnya mirip dengan susu. Ia mengandung protein, vitamin, mineral, serta lemak.

Kelebihan keju dibandingkan dengan susu terletak pada jumlah kalori yang dikandungnya. Setiap 100 gram keju bisa mengandung 326 kalori, atau sekitar 5 kali lipat yang dimiliki oleh susu.

Nah, untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, kalori dan protein yang terkandung dalam keju sangat baik untuk kecerdasan dan tumbuh kembangnya. Keju pun dinilai oleh para ahli gizi sangat baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang anak

Kekurangan keju terletak pada tingginya kadar garam dan lemak yang terkandung di dalamnya.

Jika anak terlalu banyak mengkonsumsi garam, dikhawatirkan ia akan menderita hipertensi di usia dewasanya. Garam yang terlalu banyak pun akan sangat sulit untuk diproses oleh ginjal si anak, sehingga nantinya bisa menimbulkan gangguan metabolisme.

Kandungan lemak yang tinggi pun bisa menyebabkan obesitas pada anak.

Lalu, Bolehkah Memberikan Keju kepada Bayi?

Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Boleh memberikan keju setelah bayi Anda berusia 6 bulan
  2. Pilihkan keju yang lunak dan sudah diproses (cheddar)
  3. Untuk anak berusia > 1 tahun, batasi pemberian keju, maksimal 3 lembar setiap hari
  4. Keju parmesan dan mozarella juga bisa dikonsumsi oleh anak
  5. Jangan menjadikan keju sebagai pengganti susu, karena keju merupakan makanan padat yang sedikit kandungan airnya

Tanisha (24 bulan), anak saya yang pertama agak susah makan tapi suka sekali dengan keju, meskipun begitu ini merupakan alternatif atau cemilan selingan saja bukan sebagai makanan utama atau pengganti menu utama.

Indahnya berbagi. Semoga bermanfaat.

29 gagasan untuk “Keju untuk Bayi. Boleh tidak ya?

  1. Salam kenal jg Allisa..eh Allisa or mamaRaja ya?
    makasi ya udah mampir. aku liat di blognya juga pernah nulis keju ya? Bagus juga ntar boleh ak kutip ga? :D

    thanks yah :)

  2. wah asikk..
    iya biar temen2 lain jg tau n dapet manfaatnya ya.
    mgkn ini yg dinamakan pucuk dicinta ulam tiba hehe..baru aku mo minta tukeran link :D hihihi..
    siipp :) kebetulan aku juga mo belajar banyak dari MamanyaRaja nih ;)

  3. Wah masukan yg bagus nih….Putri saya 8 bln BB hanya 6,5 kg…dikasih keju biar BB cepet naik, bisa g ya…..

    • Hi Mba Iwoeel..salam kenal..

      Kalau menurut saya, keju bukan pengganti menu utama tapi bisa dijadikan alternatif cemilan anak (dengan batas konsumsi anak tentunya).
      Kalau kejunya dijadikan tambahan dalam variasi makannya mungkin baru bisa ya mba ..jadi kalau anak doyan makan..BB nya akan cenderung lebih cepat naik jg

      Semoga Putri nya selalu sehat ya.
      Terima kasih sudah mampir.

  4. aku dah ngasih Azzam keju dr 6bln..keju yg cheddar dr diamond sm keju cream ricotta dr yummy.merk tersebut paling rendah garamnya,yg cream cepat basi,tp proteinnya paling oke.klo bosen buburnya aku kasih margarine meadow lea reduced salt atau extra virgin olive oil..alhamdulillah,umur 8bln giginya dah 8 jg..

    • hallo Bunda Azzam

      salam kenal, aku mw nanya kalo ricotta cheese merk yg yummy ya? cara masaknya gmn? lgs campur aja dgn bubur bayi kita? dan berapa gram sih sebaiknya keju untuk per tiap consume ? thanks bgt sebelumnya ya Bunda ….

      Mamanya Namiya :)

      • Dear Mamanya Namiya,
        Sekedar info aja, setahu saya ricotta cheese sebenarnya sudah tidak perlu pematangan tp beberapa merk ada yang perlu dimatangkan. Jenis ricotta juga bermacam-macam. Dibandingkan dengan jenis keju lainnya kandungan lemaknya memang lebih rendah hanya sekitar 20% jd lebih cocok untuk bayi yang baru mengenal keju (lebih dari 6 bulan).

        Dear Gaby’s Momie,
        Sama2 Mom. Oiya agar lebih yakin bisa beli keju yang khusus untuk bayi, banyak juga di jual di mall2.

    • Salam kenal juga Gaby’s Momie..
      Iya keju punya kandungan gizi yang bagus.
      Wah 9 bulan lg seru2nya buat variasi makan ya Mom..semoga babynya selalu sehat ya..
      Semoga bermanfaat..

      Terima kasih ya sudah mampir ^_^

  5. kenapa tidak boleh anak umur 1 tahun tidak boleh lebih dari 3 lembar 1 hari.
    kalau bayi dibawah 1 tahun apakah boleh banyak makan keju

    • Salam kenal Mom Listia :)

      Keju untuk anak-anak balita lebih dari 1 tahun sebaiknya tidka lebih dari 3 lembar per hari. Menurut berbagai sumber kesehatan yang saya tahu, keju mengandung banyak garam dan lemak yang memang tidak boleh terlalu bayak untuk anak umur tersebut.
      Untuk bayi sebaiknya setelah umur bulan saat dia mendapatkan MP ASI nya. Itu pun juga pemberiannya dibatasi.

  6. mbak..mau tanya dunk… klo buat bayi 6 bulan kasih keju boleh berapa banyak yach???
    dan anak saya kok susah ya minum susu dan makan, makannya diemut mulu gak mau ditelan…saya juga udah gonta ganti menu…
    dan sebenarnya susu formula itu harganya ngaruh gak sih ke kandungan gizinya???
    thanks ya mbak

    • Dear Hana..salam kenal..

      Perlu diingat dulu sebelum pengenalan keju kepada anak, ada riwayat alergi apa tidak sebelumnya, pada tahap pengenalan kl bisa pake keju kadar lemak rendah seperti ricotta cheese, 1 porsi makannya bisa diberikan 1 sendok teh ricotta cheese.
      Untuk makan diemut, sama dengan anak saya yang pertama, memang perlu kesabaran extra untuk mengajarkan dia mengunyak makanannya. Makanannya juga tiap hari ganti menu biar tidak bosan.
      Untuk hubungan harga susu dengan kandungan gizi, saya tidak terlalu memperhatikan, hanya saja saya beli yang kandungannya sesuai dengan umur anak saya dan anak saya juga cocok dengan susu tersebut.
      Awalnya saya berpikir begitu, lalu saya beri anak saya susu yang lebih mahal dari susu-susu yang lain tetapi waktu itu anak saya alergi, banyak tumbuh bisul di kepalanya. Kata dokter kelebihan protein dan harus ganti susu. Setelah itu ganti yang lebih murah tapi malah cocok sampai sekarang.
      Mudah-mudahan bermanfaat.

    • 6 bulan berarti masih awal dapat MP ASI.
      kalau bisa sih yang kadar garamnya rendah, tp kalau mau dicoba sedikit sebagai campuran untuk perasa pada makanannya mungkin tidak masalah.

      • mba,,, baby ku jg dah umur 6 buln,, tp koq g mau maem yah,,, klo disodorin sendok mulut nya g mau kebuka, giliran mkanan masuk kemulut disembur,,, mau nyoba kasih keju, biar ad rasa2 gurih gt, tp untuk umur 6 bln bgus nya ksih keju merk ap y mba? blum bnyak pengetahuan sih tentang keju yg bagus,,

        thank’s
        riana

      • Mba baby aku usia nya 6 bulan 2 Minggu , kemaren saya coba keju tapi di sembur2 ..merek yang bagus untuk kejunya apa ya mba ?? rekomendasinya dong ,,tks

  7. mba..baby ku usianya baru menginjak 5 bulan,pemberian keju mulai usia brp?yang bagus buat baby keju merk apa,

    mama aubrey

  8. Sy punya anak 11 bulan.Ada keinginan kasi keju.Berhubung dipasaran byak sekali jenis2 keju.Jd bingung keju yg mana yg baik buat bayi.

  9. Salam
    Anak saya usianya 7 bulan,,saya msh ragu untuk memberikan keju yg katanya keju mengandung garam.Saya ingin tau takaran yg baik untuk campuran makanan se usia anak saya itu seberapa?Dan untuk mencampurkan ke makanan keju ikut dimasak atau ditaro disaat disaring?
    Salam kenal ya mbak….

  10. dear mba riliarully,

    mohon informasiny utk merk keju yang aman buat bayi, bayi saya umurnya 10 m.o kl dksih keju seneng bgt, tp yg saya kuatirkan tingkat garam yg ada dikeju itu, skrg kevin makan keju Kr*ff yg slices, siapa tau mba pya info ttg keju yg lebih sehat utk bayiku..terima kasih sebelumnya

    Regards,
    Poety

  11. lam kenal.zharif mulai aq kenalkan dg keju umur 7bulan.langsung suka nympe skrng 11bulan.bagi tips dunkk resep makanan pake keju.biar ga bosan buat balita.thanks sbelum’y

Tinggalkan Balasan

