Tips Menggosok Gigi Bayi

Tanisha (2th) menggosok gigi sendiri

Tanisha (2th) menggosok gigi sendiri

Setiap orang tua sebagian besar pasti tahu betapa pentingnya merawat gigi sejak usia dini. Tetapi, anak-anak seringkali susah bila diminta menggosok gigi. Atau bahkan banyak pula dari para orang tua tidak tahu bagaimana caranya menerapkan kegiatan menggososk gigi pada anak dan kapan memulainya.

Seperti saya, sejak mempunyai anak pertama saya bingung bagaimana caranya, saat anak umur berapa saya harus mulai mengajarkan anak menggosok gigi, dan lain-lain.

Sekarang anak saya yang pertama, Tanisha 2 tahun, sudah mau menggosok giginya sebelum mandi meskipun masih dengan caranya sendiri. Biila dibantu dia malah tidak mau menggosok giginya dan menangis. Jadi hasilnya belum optimal. Meski begitu, saya tetap ingin menghargai keinginannya untuk lebih mandiri. Tetap berikan contoh dan pemahaman yang benar tentang menggosok gigi kepada anak dengan sabar.

Berikut adalah tips menggosok gigi bayi menurut usianya yang saya dapat dari TipsAnada.com :

1. 0-6 Bulan. Usap gigi dan gusi dengan kain kasa steril atau kapas yang dibasahi air matang hangat.

2. 6-12 Bulan. Inilah saatnya bayi memiliki sikat gigi pertamnya. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah: berikan sikat gigi yang sangat lembut, sikat gigi bayi tanpa pasta gigi sedikitnya sekali sehari. Saat mandi, biarkan anak bermain dengan sikat giginya, untuk lebih membuatnya akrab dengan benda itu.

3. 12-24 Bulan. Pada usia ini, anak sudah bisa belajar menyikat gigi sendiri namun dengan bantuan. Tunggulah hingga ia bisa meludah atau berkumur sebelum memakai pasta gigi khusus anak. Berikan pasta gigi itu sedikit saja, kira-kira sebesar biji kacang polong. Lakukan minimal 2 kali sehari, sehabis sarapan dan sebelum tidur.

4. Di atas 24 Bulan. Kini anak sudah bisa menyikat gigi sendiri, namun tetap dalam pengawasan. Berikan pasta gigi itu sedikit saja. Lakukan minimal dua kali sehari, sehabis sarapan dan sebelum tidur.

Semoga bermanfaat.

26 thoughts on “Tips Menggosok Gigi Bayi

    • Menurut berbagai sumber, kalau bayinya belum punya gigi, cara perawatannya sama dengan tips untuk umur 0 – 6 bulan tetapi usapan dilakukan hanya pada gusi secara perlahan sambil ditekan lembut atau pelan-pelan saja dengan kain kasa steril yang dibasahi air matang hangat.
      Hal ini bisa dilakukan bersamaan dengan mengusap permukaan lidah yang biasanya terkena susu.

      Demikian jawabannya, semoga bermanfaat.
      Salam kenal ya :)

  1. klo anaknya ga mau sikat gigi gmn mba?
    anak saya umur 1.5 th,klo disuruh sikat gigi pasti nangis,pdhl udah sy kasih contoh. giginya udah bnyk tp blm pnh disikat. mhon idenya. trims,salam kenal

    • Hi MomShinta
      Anak-anak emang banyak yang susah kalau kita minta gosok gigi, termasuk kedua anakku juga.
      Memang membutuhkan kesabaran extra Mom. Biasanya kalau anak sudah nangis akan semakin susah.
      Ya sabar aja (memang agak susah..heheh)
      Kalau anak saya, saya kasi kaca sambil saya ceritain..tuh giginya lihat..dibalik gigi itu banyak kuman jahat yang sedang sembunyi..ihh ngeriii..nanti gigi Mba bisa dimakan trus bisa habis..ayoo kita usir pake sikat gigi dan odol..(sambil menggosok gigi juga memberi contoh)..hus hus..pergi2 kuman..kuman cacing..pergi ya..heheheh..
      Mingkin masih banyak cerita lain atau ide2 lain yang bisa disesuaikan dengan anak2 kita masing2.
      Ok Mom..semoga sukses ya si kecil menggosok giginya :)
      Ayo SEMANGATTT!!!

  2. Gmn y?anak sy udah trlanjur giginy rusak.ia mau mnggsok gigi.tp klu pd mlm hr agk susah.nah pd saat tdur ia jg mnt susu(dot).jd klupun mlam skat gigi rasany sia2 gmn y?

  3. Hi Bunda Fira, salam kenal ^_^

    Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali akan membuatnya lebih parah.
    Anak saya yang pertama juga susah sekali awalnya jika diminta untuk menggosok giginya. Ditambah lagi makannya susah jadi minum susu terus termasuk saat sebelum tidur.
    Gigi depannya susah agak “gigis” bahasa jawanya. Tapi tetap harus terus diupasayan untuk menggosok gigi.
    Alhamdulillah sudah mau. Untuk sebelum tidur masih belum mau secara rutin.
    Masalah dot, sepertinya kita mempunyai masalah yang sama, hehehe..masih membujuk untuk minum di gelas.
    Setidaknya, kita ahrus tetap terus berupaya agar kerusakan tidak bertambah parah dan tetap berusaha untuk lepas dari dot.
    Jadi, tidak ada yang sia-sia Bunda. Kuncinya di telaten (konsisten) dan sabar.
    Saya juga masih terus belajar nih.
    Sama2 berjuang untuk buah hati kita tercinta ya ^_^
    Good Luck Bunda!!!!

  4. salam kenal bunda …
    anak saya umur 1 tahun masih pake sikat gigi jari plastik, giginya rutin disikat 2 kali sehari waktu mandi, tapi ada satu maslah, digigi depan atas dekat gusi ada kotoran berwarna kuning yang sangat sulit untuk dihilangkan meskipun disikat, kotoran itu berwarna kuning dan semakin banyak. itu apa ya? bahaya gak ? mohon tips dong …

    • Hi Bundanya Niti, salam kenal ^_^

      Wah uhda bagus tuhun udh mau pake sikatnya.
      Warna kuning biasanya dari susu memang susah hilang.
      Tapi kalau lama-lama banyak gitu walau sudah disikat, saya sendiri juga kurang paham bunda.
      Lebih jelasnya bisa langsung ke dokter gigi saja karena kalau melihat frekuensi menyikat sudah bagus ya untuk anak umur 1 tahun.
      Maaf belum bisa sharing nih Bunda.

  5. Salam kenal ya bun, bingung nah putra saya (jalan 11 bln) ada gi2 9, saya mau ngelajarin nyikat gigi kok ya bingung ya harus mulai dari mana?

  6. Salam kenal juga Bunda Emma,
    Wah pasti sedang lucu-lucunya ya umur 9 bulan.
    Umur 9 bulan giginya 9 sudah banyak loh.
    Untuk pengenalan menyikat gigi anak, mungkin bisa dilihatin dulu sikat giginya sambil diberi contoh oleh kita.
    Mungkin awalnya susah untuk minta anak menunjukkan giginya untuk mau disikat, jadi dikenalkan saja dulu dan diberi contoh.
    Kita bisa mengusapnya dengan kain kasa steril yang dibalutkan di jari telunjuk dan dibasahi air hangat.
    Sampai sekarang, anak saya yang kecil (Kaira, 15 bulan), juga masih agak susah untuk sikat gigi teratur tapi jangan menyerah bunda terus berikan contoh dan ajak untuk menggosok giginya.
    Bisa juga menggunakan bantuan buku cerita tentang gosok gigi.
    Ayo bun semangat..semoga berhasil ya ^_^
    Terima kasih sudah mampir.

  7. Anakku, 16 bulan, sudah mulai dikenalkan menggosok gigi sejak gigi pertamanya tumbuh. Sekarang bag depan gigi sdh lengkap 8 buah, geraham atas kanan kiri masing2 sebuah. Setiap aku gosok gigi atasnya, dia selalu protes, nangis, dan menolak 100%…tapi karena ingin gigi anakku bersih, aku tetep menggosok gigi atasnya walopun dgn penolakan, nah setiap kali aku gosok giginya tsb, selalu ada darah disikat giginya, apakah sebabnya? apakah ini yg menjadi alasan penolakannya?..tx..

    • Salam kenal Mba Tri,
      Menurut saya menggosok gigi pada anak,apalagi msh blm 2 th msh tahap pengenalan memakai sikat khusus anak2 malah dl saya masih pake sikat silikon yg dimasukkan ke jari.
      Sebaiknya jk anak sudah menolak ya tdk ush saja.mgkn bs bagian depannya dl apalagi smp ada darah berarti ada yg terluka yg ditakutkan nantinya bs terkena infeksi.
      Hanya skedar sharing ya mba. Untuk lebih pastinya lebih baik diperiksakan ke dokter.

  8. Rupax mslh skt mnyikat ini jd bagain sulit buat aku ma babyku yg skrng usia 21 bln,udh dikasi contoh udh smbl main2 ttp aja ssh smp2 trjd pmaksaan smp2 anakku tmbh berontak nangis n tiap dngr kt gosok gi2 ya say.. Lngsng jwb ga mau smbl siap2 brontak lgi.. Ehm.. What can i do mom??

    • Salam kenal Mba Irna :)

      Anak-anak biasanya mesti dapet momentum yang pas dulu baru dia mau melakukan sesuatu yang menurut dia malas sekali untuk melakukannya. Ya memang kadang-kadang mau kadang juga ngga lagi. Anak saya yang besar (4th) sudah rutin tp yang kecil (33 bulan) juga masih perlu banyak rayuan.
      Semakin dipaksa anak akan semakin berontak dan yang dia ingat hal itu sesuatu yg tidak menyenangkan.
      Sekedar sharing, pas anak-anak saya lg susah sikat gigi, saya suka browsing gambar/ photo gigi rusak kemudian menceritakan kepada mereka. Atau dongeng sebelum tidurnya tentang tokoh yang rajin gosok gigi dan ngga gosok gigi beserta akibat2nya. Atau setelkan CD lagu atau film anak2 yang ada unsur gosok giginya.
      Dengan kesadaran mereka biasanya setelah itu mau gosok gigi sendiri, kadang pas manja minta bantuan saya untuk menggosokkan.
      Jika masih ngga mau juga, saat tidur bisa ambil kain kassa steril yang dibasahi air hangat kemudian lap perlahan giginya. Sebisanya dulu.
      Okay Mom, smoga berhasil ya :)
      Sekedar sharing. Terima kasih sudah mampir ya ;)

  9. salam kenal bunda rully…..Anakku skrng usia 6 mau 7 bln tp krn sejak awal aku binun krn bykny omongn dr org yg bilang katany klo pake kasa ato kain gt bikin gusiny jd lecet,alhasil sampai skrng ak g bersihin deh.Skrng kan udah mulai mkn bun naah aku bingung gmn carany sikat gigi????apa hrus beli sikat gigi lembut????ato gmn bunda????anakku hobbi bgt ngedot sampe dia bubu,biasany hbis itu lgs aku ksi air putih biar gusiny bersih gt mksdny hehehe apa tindakanku dsh bener????perlu g sih beli sikat gigi lembut wat ngenalin baby ama sikat gigi gt?????????ditungg shariiingnya yaaaaaa bun.

    • Selama perlakuannya pelan sih biasanya ngga masalah Bun. hanya saja anak yang belum terbiasa sering berontak, dan itu yg bisa membuat lecet.
      Kalau ngedot, agak susah juga ya Bun, sama kasusnya dengan anak saya. Setelah minum susu sebaiknya memang langsung minum air putih. nah yang susah jika sambil bubu itu. Air putih setelah minum susu bisa berfungsing untuk mengurangi sisa susu yg menempel di gigi yang nantinya jika tidak bersih bisa menimbulkan masalah pada gigi.
      Menurutku perlu banget Bun, tapi ya itu bertahap aja. Untuk perkenalan seharusnya memang dikenalkan sejak dini. terutama diberi contoh dari orang dewasa.Dan anak bisa menggunakan propertinya sendiri, yaitu sikat gigi mungilnya dengan bulu lembut tentunya. Bentuk dan hiasan yg lucu pada sikat gigi juga bisa membantu anak lebih cepat menyukai sikatnya.
      Kalau ada waktu bisa tuh Bun mulai ke dokter gigi :) Okay, selamat bergosok gigi ria bersama adek Azka :) Thanks ya Bun udah mampir ;)

  10. bun..klo anak blm bs meludah mangnya bahaya ya klo dikasih odol.anak saya umur 15 bln tp sejak tumbuh gigi slalu saya ksh odol sedikit…

    • Setau saya sih sebaiknya jangan dulu Bun. Cb belajar meludah n kumur dl.kl disikat sih tetep kl udah ada gigi.mungkin blajarnya ga lama kok,sabar aja dl :)

  11. wah berguna sekali,
    bayi saya sudah berumur 9 bulan, dan baru 2 gigi yg tumbuh.
    sebelumny saya merasa belum perlu untuk membersihkan mulut/gusi sejak 0-9 bulan.
    ternyata memang perlu yah.
    tks

  12. Assalamu’alaikum
    ank saya usiana 13bln.Alhamdulillah ank saya gosok gigina udh rajin,tp klo mlem dy sring terbangun minta susu.
    sesudah minum susu saya g kasih air pth
    soalna dy langsung tdr lg..
    yg saya tanyakan apa ga apa2 sama gigina
    soalna ank saya tiap mlem tdr ky gth,gigi dpnna jg agak kuning
    Terima kasih

    • Waalaikum salam Bunda, wah udah pinter ya anaknya. Menurut saya selama dia sudah mau gosok gigi teratur agak mendingan meskipun minum susu di malam hari. Dan udah bagus juga mau minum air putih Bun. Bagi yang minum susu malam apalagi pakai dot memang ada resiko ke giginya Bun tapi ya itu tadi selama rajin gosok gigi dan mau minum air putih setelahnya setidaknya bisa mengurangi resiko kerusakan.
      Saya juga mau belajar nih dari Bunda. Thanks.

Berikan Balasan

